Javaplant Extract Center

Javaplant lebih dahulu dikenal sebagai produsen ekstrak herbal. Seperti, ekstrak kunyit untuk bahan bumbu, dan pewarna produk mi instan dan makanan bayi. Ekstrak jahe untuk bahan minuman sekaligus bahan bumbu. Serta beragam ekstrak lain bahan pencampur atau tambahan untuk obat-obatan dan kosmetika.

Produk ekstraknya memasok kebutuhan perusahaan farmasi Detolmed Laboratories memang Javaplant ini sister company dari Deltomed. Sebagian ektrak juga diekspor ke manca negara.

Sejak 2007 Javaplant melihat peluang pasar yang besar di sektor industri makanan dan minuman. Contohnya, kebutuhan akan ekstrak teh hijau, yang banyak dipakai sebagai pelangkap tambahan untuk sampo, pasta gigi, moisturizer, dan sebagainya. Juga kebutuhan ekstrak teh hijau dan teh hitam untuk bahan pembuat minuman teh cepat saji instan drink (seperti teh kotak atau teh dalam botol).

Sebelumnya, industri minuman teh dalam sediaan instan drink mengimpor bahan baku ekstrak teh (teh hitam dan teh hijau) dari India dan Cina. Ironi, karena Indonesia terkenal sebagai penghasil teh kelima terbesar di dunia. Dari segi rasa dan aroma, teh asli Indonesia tidak kalah dan sudah punya nama di tingkat internasional.

Karena itu, tahun 2007 Javaplant membangun satu fasilitas produksi ekstrak teh hijau dan teh hitam dalam bentuk serbuk, dengan kapasitas 100 ton serbuk teh per bulan. Sebagiannya pun di ekspor ke pasar Amerika, dengan nama BTX (Black Tea Extract) dan GTX (Green Tea Extract). Hebatnya, Javaplant telah lolos uji berbagai persyaratan US Food Drug Administration. Menurut informasi, harga ekstrak teh Javaplant berkisar US$ 9-13/kg serbuk teh, sampai di tempat konsumen minimal order 1 ton. Adapun harga ekstrak herbal berkisar US$ 20 -1.000/kg.

Pemekaran bisnis dari herbal (farmasi) ke ekstrak teh (makanan dan minuman), merupakan langkah lanjutan Javaplant. Sebelumnya, perusahaan ini telah sukses memproduksi aneka ekstrak herbal berupa bubuk.

Menurut Junius Rahardjo, Chief Operating Officer PT Tri Rahardja, Javaplant merupakan produsen terbesar untuk ekstrak bubuk di Indonesia. Mampu memproduksi 15 ton perbulan untuk ekstrak herbal, dan 100 ton/bulan untuk green tea dan black tea. Dengan kapasitas sebesar itu, “Bahkan Javaplant bisa dibilang produsen ekstraksi terbesar di Asia Tenggara, dan khusus ekstrak kayu manis dan pasak bumi merupakan yang terbesar di dunia,” klaimnya.

Persaingan dalam memasok produk ekstrak ini, tidaklah mudah. Produsen mancanegara, seperti India dan Cina, terus mengincar pasar lokal kita. Juga sudah ada perusahaan-perusahaan lokal yang menjadi importir, antara lain mengimpor teh hijau dan teh hitam, serta ekstrak herbal lain dari Cina, India, dan Korea.

Untuk memenangi persaingan, Javaplant terus berupaya memberi servis dan kemudahan kepada pelanggan. Antara lain, kemasan yang customized, jaminan uang kembali, jangka pembayaran, pembayaran dengan mata uang rupiah, dan late time delivery yang sangat pendek.
Kehebatan Javaplant terletak pada komitmennya sebagai produsen ekstrak herbal asli Indonesia. Perusahaan ini pun menemukan momentum tren back to nature yang tepat. Javaplant terjun ke bisnis esktrak herbal sebelum pasar dalam negeri berkembang. Ketika pasar sudah bekembang seperti sekarang, Javaplant sudah siap segalanya.

Keberadaan korporasi industri di bagian pengolahan atau hilir dari produk-produk pertanian, seperti Javaplant ini, seharusnya dapat menginspirasi perusahaan daerah maupun swasta. Sudah saatnya industri pertanian Indonesia bergerak memasuki industri pengolahan yang bernilai tambah tinggi.

Sumber

http://www.javaplant.net

5 comments

  1. Dear bapak / ibu : apakah ada lowongan kerja untuk bagian laboratorium? Saya lulusan biologi fakultas mipa unlam banjarmasin dan pernah kerja di sinar mas agribussines di bagian qc. Mohon infonya

  2. My coder is trying to convince me to move to .net from PHP.
    I have always disliked the idea because of the costs.
    But he’s tryiong none the less. I’ve been using WordPress on a number of websites for about
    a year and am nervous about switching to another platform.
    I have heard fantastic things about blogengine.
    net. Is there a way I can transfer all my wordpress content
    into it? Any kind of help would be greatly appreciated!

  3. Saya seorang motivator kesehatan timur. Sering diundang perusahaan untuk berbagi ilmu tentang kiat menjaga kesehatan. Salah satu pook bahasan saya adalah tentang back to nature. Bukankah bapak Kedokteran Hipokrates mengatakan ,” Eat your medicine as your food and eat your food as your medicine. Saya ikut bangga dengan Java Plant yang telah mengekspor produk ekstrak kullt kopi dan kayu manis. Sayangnya info tentang manfaat kulit kopi dan kayu manis belum banyak dipahami oleh rang Indoneaia sendiri. Kalau diperkenankan kami akan mempromosikan produk Java Plant dalam ceramah- ceramah saya tentang kesehatan Timur. Saya akan senang bila dapat dikirimi produk-produk Java Plant dalam bentuk powerpoint.
    Salam sehat,

    Esmet Untung Mardiyatmo

  4. saya adalah produsen madu herbal, membutuhkan bahan-bahan herbal untuk produk saya. oleh karena itu saya mohon daftar harga produk2 javaplant yang berbentuk ekstrak cair dan padat. selain itu mohon dikirim sampel produk yang berupa ekstrak cair dan padat untuk: jahe dan pasak bumi ke alamat yang sudah saya kirimkan. demikian terima kasih sebelumnya.
    taufiq (taufikr271@gmail.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: