Paten Farmasi

Untuk industri farmasi di AS, nilai valuasi paten angkanya adalah : Produk obat : Pra Klinis ( 3%), Klinis 1 ( 7.5%), Kllinis 2 ( 11.5%), Klinis 3 ( 15%), Klinis 4/ Diluncurkan ke publik ( 20%). Lalu untuk produk lain : Reagen ( 3%), Diagnostik ( 3 %), Produk terapetik mis : antibodi monoklonal ( 7.5%), Vaksin ( 7.5%), Veteriner Hewan ( 4.5%), Veteriner Tumbuhan ( 4%).

Sebenarnya, paten untuk farmasi itu relatif lebih tinggi dibanding paten teknologi tinggi, semisal software/ aplikasi ( 9.6%), dan semikonduktor ( 3.7%), atau yang beririsan semisal formulasi kimia ( 4.3%).

Variabel paten dalam industri, masuk dalam manufacturing cost. Jadi prosentase di atas adalah prosentase dari biaya produksi langsung ( Direct Cost), artinya dibebankan kepada produsen. Lalu, kenapa konsumen jadi membayar lebih mahal untuk obat paten ? Ya karena produsen tidak mau menggerus margin keseluruhan kan ?

Selain itu, memang ada insentif riset dari pemerintah AS untuk perusahaan farmasi. Bisa dilihat, dari perbandingan di atas, bahwa nilai ( valuasi) hasil riset farmasi jauh lebih tinggi daripada aplikasi/ perangkat lunak. Kenapa bisa begitu : 1. Biaya risetnya mahal, 2. Investasi waktu riset lama, 3. Payback Period (PP) Lama. Perusahaan farmasi harus mengejar PP sebelum masa paten berakhir, artinya sirkulasi harus bisa dikuantifikasi, sedang produk farmasi adalah basic need for unpredictable demand, kan yang pakai obatnya orang sakit, siapa sih yang mau sakit ? Dari logika ini, bisa dipahami, dan sangat lazim, bahwa harga obat paten jatuhnya tinggi di tangan konsumen.

Beda dengan software/ aplikasi yang masuknya ke basic need for functional activity, artinya memang manfaatnya terasa langsung menunjang pekerjaan, bahkan kalau di Indonesia lebih aneh lagi, untuk lifestyle ! Very irrational ! Perputaran software/ aplikasi jauh lebih cepat, kompetisinya juga sangat ketat bahkan terlalu cepat. Dalam satuan minggu bisa ada aplikasi baru yang lebih canggih, sedangkan di farmasi biasanya 5 tahun baru bisa luncur ke pasar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: