Proses Produksi Kopi

 

black as the devil
hot as hell
pure as an angel
sweet as love

(sajak arab tentang kopi)

Anda pasti kenal akrab dengan kopi bukan ? Ya, minuman ini adalah salah satu yang familiar dengan kehidupan harian masyarakat Bumi, dan Max* adalah salah satunya.

Stimulator andalan para sufi di Afrika Utara, dalam rangka mempertahankan kesigapan semalam suntuk . Tapi, jika dosisnya melebihi rentang dosis normal yang diperbolehkan, minuman kenikmatan ini bisa berubah menjadi depresan (menyebabkan rasa tertekan) tangguh ! Max seringkali mengalami perasaan cemas, was was, gelisah tidak karuan, jika dosis yang dinikmati melebihi rentang dosis normal. Anda tahu dosis maksimal yang menjadi batas atas konsumsi kafein ? Ya benar, 200 mg ADI. Perhatikan dalam kemasan kopi instant biasanya sekitar 80 mg/ kemasan) .

Jadi, kalau Anda mengalami yang Max alami di atas,  bersyukurlah,  Anda masih normal (relatif), tapi kalau sudah di atas takaran di atas, dan masih belum merasakan apa- apa, nampaknya Anda mulai kena candu kenikmatan kopi kawan!  Bukan apa apa sih, cuma sayangi jantung Anda lah, bisa mati saat tidur loh, ingat kasus Mbah Surip kan ? Tebakan saya sih, kebiasaan almarhum mengkonsumsi kopi di atas dosis rentang toleransi biologis itu turut menjadi penyebab utama.

Apa yang istimewa dari kopi ? Kami akan membahas satu persatu mulai aspek farmakologis, hingga proses pembuatan kopi, dibawah ini :

Si Kafein

Kafein adalah komponen alkaloid derivat xanthin yang berfungsi sebagai stimulan psikoaktif pada manusia. Memiliki pengaruh langsung pada sistem saraf pusat dan stimulan metabolik. Kafein menstimulan sistem saraf pusat dan menyebabkan peningkatan kewaspadaan, kecepatan dan kejelasan alur pikiran, peningkatan fokus, serta koordinasi tubuh yang lebih baik.

Apa manfaat dan resiko mengkonsumsi kopi ? Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, antara lain : Menurunkan resiko alzheimer, menurunkan resiko penyakit batu empedu, menurunkan resiko penyakit parkinson, peningkatan kognitif, peningkatan efek analgesik, antidiabetik ( diabetes tipe 2- terutama untuk pengkonsumsi hingga 7 cangkir/ hari), anti kanker, kardioproteksi ( perlindungan fungsi jantung), laksan ( pencahar), diuretik ( memperlancar urinasi), antioksidan (pengurang potensi  kanker), menurunkan resiko gout, menurunkan resiko karies gigi.

Hai, karena kebetulan Max adalah cowok, maka ada kabar gembira buat kalian kawan, soal konsumsi minuman kenikmatan ini tentunya. Menurut hasil penelitian yang dilakukan Universitas Sao Paulo Brazil, disimpulkan bahwa kafein mampu merangsang sel-sel sperma dalam tubuh pria, sehingga kesuburan seseorang dapat meningkat. Inti dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa kulitas sperma para peminum kopi lebih sehat dibandingkan sperma orang yang tidak meminum kopi. Kesuburan sperma para peminum kopi disebabkan oleh unsur-unsur yang dikandung kafein. Setelah diteliti, kafein yang terdapat dalam kopi dinilai memiliki kemampuan meningkatkan kecepatan berenang sel sperma.

Dari penelitian yang dipimpin oleh Monami Inoue dari National Cancer Center Tokyo terhadap 90.000 orang Jepang, terbukti bahwa konsumsi kopi menurunkan resiko kanker hati sampai separuhnya.Sebuah hasil penelitian terhadap 6.000 pria dan wanita yang dilaporkan oleh Framingham Heart Study menunjukkan bahwa tidak terdapat kaitan konsisten antara minum kopi dengan kadar kolesterol yang meninggi

350px-caffeine_metabolites.png

Selain manfaat, resiko dari konsumsi kopi adalah : ketegangan, konstipasi, perubahan warna gigi, peningkatan LDL ( Low Density Lipoprotein) pada kopi tertentu, dan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang dilansir www.caffeinweb.com menyebutkan beberapa ahli psikiatri, ahli penyakit alergi dan zat beracun–toksikologi, menengarai zat kafein sangat potensial menimbulkan gejala penyakit mental. 80% populasi masyarakat dunia mengkonsumsi kafein, dan 25% di antaranya didiagnosis mengalami gangguan mental. Bagi seorang psikiater, kafein dapat menjadi musuh nomor satu, karena identik dengan penyebab kegelisahan, stres, depresi, hingga schizophrenia.

Proses Produksi Kopi

Oke deh kawan, cukuplah berdiskusi soal manfaat minuman kenikmatan legam ini ( Baru tahu kalau iblis berkulit hitam juga ! Orang arab bisa lihat iblis ras negroid ( Afrikaan) ya ^_^). Ada satu hasil penelitian lagi yang menarik soal minuman ini, awalnya, para peneliti dari John Hopkins mendapatkan, dari penelitian tahun 1994 terbukti kaitan antara konsumsi kopi dan peningkatan resiko penyakit jantung. Namun, peningkatan resiko itu terutama terjadi pada pola minum kopi sebelum tahun 1975 – di mana sebelum pertengahan tahun 70-an, orang Amerika belum memakai mesin coffee drip sehingga kopi yang dikonsumsi tidak disaring. Jadi, kalau kalian mau tahu bagaimana kopi diproses dari mulai biji kopi pilihan hingga siap tersaji secara instan dan hangat, mari kita simak di bawah ini kawan.

1. Sortasi
Setelah melalui proses seleksi, biji kopi akan disortasi lagi menurut bobot dan ukuran. Selama proses ini, terjadi proses pembersihan dari benda asing pada biji kopi hijau sebelum mengalami proses produksi.
2. Penyimpanan
Biji kopi disimpan sesuai dengan keperluan penggorengan berikutnya.
3. Penggorengan
4. Pencampuran
5. Ekstraksi :
Ekstraksi menggunakan pelarut air. Prosesnya melalui dua tahap yaitu Perkolasi ( dingin) dan Ekstraksi ( panas). Alatnya seperti yang dibawah ini :

Perkolasi

Ekstraksi per Batch


6. Filtrasi ( Penyaringan)
7. Sentrifugasi

Aroma kopi dipertahankan dengan cara reverse osmosis menggunakan membran filtasi. Selain itu, proses ekstraksi dengan panas juga akan mempengaruhi aroma, untuk itu pasca ekstraksi proses berikutnya adalah pendinginan ekstrak hingga suhu di bawah nol derajat celcius.


8. Evaporasi ( Penguapan) :
Fungsinya adalah untuk mendapatkan kadar ekstrak ideal


9. Pemisahan :
Dipisah sesuai dengan kebutuhan hasil akhir olahan kopi yang dibutuhkan yaitu :
a. Spray Dried
b. Aglomerasi
c. Ekstraksi Biasa

10. a.1. Spray Drying
Prinsipnya adalah untuk menghilangkan air, dengan cara ekstrak dilewatkan dalam sebuah kolom; temperatur tinggi dalam kolom tersebut akan menguapkan air hingga didapatkan bubuk kopi. Bubuk kopi dikumpulkan pada bagian bawah kolom. Karbondioksida bertekanan tinggi disemburkan via nozzle dengan butiran halus kopi.

Alat spray drier seperti ini

10. a. 2. Aglomerasi
Bubuk kopi spray dried direbus lagi untuk mendapatkan gumpalan antar partikel bubuk yang lebih besar, fungsinya adalah untuk mendapatkan rasa yang lebih kaya dan aroma yang lebih kuat.


Alat  aglomeratornya seperti ini :

10. a. 3 Ekstraksi
Kopi hasil ekstraksi awalan tidak mengalami proses lagi, dan langsung dikemas. Kalau Anda mau tahu prinsip ekstraksi yang ini, begini ringkasnya :

Nah, jika Anda berminat untuk membuat pabrik kopi instant, maka bagan di bawah ini mungkin cukup membantu memvisualisasikan proses mulai dari pemilihan hingga pengepakan minuman kenikmatan ini, silakan menikmati, mari….^_^

 

 

 

proses-kopi.jpg

 

by : Maximillian

NB :

Mekanisme produksi kopi ini bisa Anda pelajari juga di tulisan saya yang satu ini.

Alat saya dapatkan dari jurnal milik perusahaan di bawah ini :

GEA Niro
Gladsaxevej. DK-2860 Soeborg, Denmark
food.dairy@niro.dk
http://www.niro.com

Tambahan info saya dapatkan dari sini.

* : Max adalah pemilik blog ini, lengkapnya : Maximillian Heartwood ( kerenlah, haha…)

Brother, let’s drink our coffe, and build our greater next generation ^_^

14 comments

  1. ly

    lih. kirim koran PR atau kompas aj.
    yg s2-s3 aja pada susah buat tulisan, sampe dibikinin trainingnya

  2. Kopi emang gue banget.. klo kerja ngga ada kopi wah.. buntu man,.. cuma katanya klo kebanyakan juga ngga bae ya.,.?

  3. Hahaha…Sama sama Bung Falser ( Iwan Fals listeners?), saya juga penggemar kopi, pusing rasanya kalau kerja berat dan keras tanpa asupan kafein…..

  4. dika

    jangan sampai kecanduan
    itu saja

  5. nani

    kopi memang tiada duanya (kijang kali he..heeeee)

  6. kopi…..punya kebun dn pabrik kopi kayaknya asyik tu….

  7. jamie da cofeeboy

    i like coffee….coffee is my eyes to see de world with my smile

  8. indra

    kopi penyempurna kehidupan,,,aq ingin jadi kopi

  9. ikhwanalim

    ngopi doeloe!!!

  10. mas punya yang alur skema proses produksi obat gak? trims….

  11. Dulu, saya menyukai kopi dan gula. Sekarang, kopi dicampur susu cair agar aroma kopi itu tak terlalu menerjang.😀

    Informasi penting yang kudu dibaca, agar hidup tidak melulu dalam keadaan genting.

  12. Arie Wijaya

    Bro, gw ada penawaran dari pihak luar negri untuk membangun sebuah pabrik kopi instan. untuk masalah marketing sudah ada yang handle, begitu juga dengan bahan baku. masalahnya gw mau minta bantuannya, perincian budget harga mesin dari proses awal s/d menjadi kopi instan sachets. please urgent…. dan dimana dapat dibeli mesin2 tsb… thanks.

  13. gak di mari gak di sana ternyata memang suka tulisan berat.

  14. mas mohon infonya , pabrikan ini ada dimana,
    saya lagi mencari pabrikan untuk kopi instant.
    mohon infonya ke 08566144382

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: