Indonesia’s Pharmacy Market, How Come !!

pasar-farmasi-asean.jpg

Di antara negara-negara ASEAN, pasar industri farmasi Indonesia memang terbilang besar. Data 2003 menunjukkan bahwa nilai pasar farmasi Indonesia mencapai US$1,7 miliar. Bandingkan dengan Singapura yang cuma US$269 juta, Thailand US$1,04 miliar, atau Malaysia yang US$374 juta. Betul, di sini faktor jumlah penduduk juga ikut menentukan.

Meski begitu, tingkat konsumsi obat Indonesia masih lebih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Menurut data IMS 2004, Singapura menempati peringkat teratas dalam konsumsi obat per kapita, disusul oleh Thailand, Malaysia, dan Filipina. Konsumsi obat Indonesia baru US$7,2 per kapita, atau sedikit di atas Vietnam yang US$5,4 per kapita.

konsumsi-obat-asean.jpg

by : Maximillian

3 comments

  1. wasi

    Data-data ttg farmasi ini sangat menarik, boleh saya tau darimana sumbernya? thanks. wasi

  2. Untuk semua data, saya mendapatkannya dari :
    1. Gabungan Pengusaha Farmasi Indonesia ( GPFI). Data bisa dilihat dari artikel terakhir mengenai perkembangan apotek ( skala distributor). Juga mengenai pasar Farmasi Indonesia. Data ini juga pernah dimuat di salah satu edisi sebuah majalah bisnis Indonesia yang saat itu mengangkat tema industri farmasi, yaitu majalah Warta Bisnis

    2. Jurnal terbaru mengenai “Indonesia’s Pharmacy Raw Material Market”. Yang dikeluarkan oleh Departemen Perindustrian dan Perdagangan.

    Semua merupakan data sekunder, semoga bermanfaat.

    Galih

  3. Bambang W

    Menarik data pasar farmasi di Indonesia.
    Saya lagi perlu data jumlah apoteker yang bekerja di pabrik farmasi di Indonesia, spesifikasinya, jabatannya dsb. Saya sangat senang kalau ada yang bisa membantu memberikan datanya. Terima kasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: