Perkembangan Pasar Indonesia dan ASEAN

Industri farmasi Indonesia terus tumbuh. Penjualan obat selama 2004 mencapai Rp20,22 triliun, atau tumbuh 13,5% dibanding 2003. Memang angka ini tak bisa dibilang tinggi. Penyebabnya, antara lain, masih terbatasnya masyarakat yang bisa mengakses produk-produk kesehatan, dan lemahnya daya beli konsumen. Meski begitu, optimisme masih mewarnai industri ini. Buktinya, untuk 2005, penjualan obat diperkirakan mencapai Rp23 triliun, atau tumbuh 13,7%.

Di antara negara-negara ASEAN, pasar industri farmasi Indonesia memang terbilang besar. Data 2003 menunjukkan bahwa nilai pasar farmasi Indonesia mencapai US$1,7 miliar. Bandingkan dengan Singapura yang cuma US$269 juta, Thailand US$1,04 miliar, atau Malaysia yang US$374 juta. Betul, di sini faktor jumlah penduduk juga ikut menentukan.

Pasar Farmasi Negara Asean

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: