Apotek; Bisnis Basah di Samudera Biru

trend-pasar-apotek-2.jpg

Bisnis apotek dapat dibandingkan dengan skala ritel umum atau franchise Mart yang marak mengepung masyarakat. Secara teknis bisnis, apotek membutuhkan manajemen khusus karena diferensiasi serta spesifikasi produk yang kuat pada produknya, produk kesehatan, khususnya obat.

Apotek adalah bisnis,sedangkan profesi apoteker sebagai penanggungjawabnya adalah bentuk pelayanan kesehatan. Lalu, bagaimana mewujudkan sinergi yang baik dari segi bisnis dan pelayanan ? Ya, apotek harus menjadi tempat yang nyaman, leluasa, serta ramah dengan pasien atau konsumen. Ramah, leluasa, dan nyaman ini adalah sebuah personifikasi dari tata letak, pencahayaan, serta tata ruang apotek sehingga pengunjung- yang bisa saja bukan pasien atau konsumen, melainkan pengantar atau keluarga- menjadi betah dan merasa “diterima” dengan baik.Kenapa saya menyebut tata letak pada posisi penting ? Ya, ini adalah kesan pertama yang menjadi sentuhan awal ( first touch) yang memberikan efek psikologis “lebih” dibandingkan dengan suasana yang terkesan kaku dan formal.

Selain aspek desain ruangan serta tata letak, pelayanan yang efisien- tepat guna, serta efektif- tepat sasaran untuk pengunjung- konsumen dari pihak apoteker maupun asistennya akan memberikan sentuhan personal yang membuat mereka “percaya” ( trust) dengan sistem pelayanan apotek. Sifat kepercayaan (trust) ini akan menghasilkan loyalitas ( loyalty) konsumen terhadap apotek yang bersangkutan. Senyuman manis dan pelayanan ramah, serta penjelasan yang mudah untuk dipahami oleh konsumen akan membuat konsumen merasa “diterima” dengan baik, dan tentunya, dimanusiakan.

trend-apotek.jpg

margin high volume.

Apotek adalah bisnis yang sangat menarik dan akan senantiasa ” basah”. Dengan perhitungan bisnis yang tepat dan kuantitatif, beserta manajemen perubahan yang cepat dan responsif dengan pasar, apotek akan selalu jadi primadona. Karena dari segi marketing, apotek memiliki posisi, diferensiasi, dan apalagi bila memiliki brand kuat, bukan tidak mungkin apotek akan memiliki konsumen loyal dalam komunitas tertentu.

Jika menginginkan sebuah “benteng” bisnis yang kuat, metode pembuatan apotek “franchise” dengan menerapkan sistem jaringan seperti yang digunakan oleh sistem Mart, apotek akan jauh lebih kokoh serta responsif dengan pasar. Sebuah konsep “Drug Store” yang cerdas, lengkap, serta stok yang senantiasa mengalir cepat, tentunya adalah pilihan inovatif dalam kompetisi perapotekan yang terlihat dari grafik akan semakin ketat.

Dari grafik terlihat bahwa tren obat ethical ( dengan resep dokter) terus meningkat, berarti bahwa untuk apotek yang setara dengan bisnis skala ritel, dimana volume akan bicara banyak, prospeknya akan sangat cerah. Jika ingin memperbesar profit, maka apotek juga dapat melakukan diferensiasi dengan peletakan obat OTC ( Over The Counter/ Obat Bebas) pada tempat yang bisa dijangkau oleh konsumen, seperti layaknya swalayan, karena untuk OTC ini memang sifatnya likuid.

Apotek juga harus memainkan strategi basis data konsumen, untuk mengikat konsumen loyal, selain strategi low

trend-ethical-otc.jpg

Serapan pasar obat di Indonesia memang kecil, bahkan salah satu yang terkecil di Asia Tenggara. Namun potensi pasar Indonesia hampir setara dengan Cina dan India. Nah, dari grafik terlihat bahwa potensi “tidur” ini sudah mulai “terbangun”, walaupun sangat pelahan, intinya, pasar apotek adalah sebuah samudera biru yang belum terlalu banyak pemain bermain di dalamnya. Ini adalah sebuah peluang emas! Bagaimanapun, samudera merah, dengan pertarungan berdarah- darah karena pertarungan antar pemain tidak akan menyenangkan bagi penyuka kemapanan, karena dibutuhkan inovasi terus menerus beserta responsivitas tinggi terhadap pasar.

Trade off yang ada saat ini adalah, bagaimana cara membangunkan potensi pasar obat raksasa yang dimiliki oleh Indonesia ? Dan inilah yang menarik dari bisnis bukan ? High Risk High Return, always, business as usual!

Intinya adalah, bagaimana membuat sebuah wujud apotek yang humanis, bersih, ramah, serta memudahkan dan memanusiakan konsumen lengkap beserta penjelasan yang komunikatif dan memudahkan mereka mengenai produk kesehatan. Pelayanan ini harus bersama dengan sistem bisnis yang kuat, responsif dengan pasar, serta memiliki strategi brilian untuk membangunkan potensi pasar saat masih tertidur dan bersaing dengan pemain lain manakala konsumen telah tercerdaskan.

Mau tahu cara mendirikan apotek ? Mungkin Anda bisa berkunjung ke tetangga yang satu ini.

Anda juga bisa mempelajari pengaturan mata rantai distribusi obat lewat bagan di bawah ini :

drugs-selling-scheme

by : Maximillian

About these ads

205 comments

  1. erick

    gimana caranya menentukan segmentasi, target, dan positioning pada apotik yang memiliki konsep seperti sealayan untuk produk otcnya??

  2. tedy

    berapa sih jumlah apotek terdaftar resmi di Indonesia ?

  3. 1.Buat Pak Tedy, saya punya lengkap mengenai jumlah apotek berikut letak di tiap daerah di Indonesia. Bisa minta alamat emailnya ? Saya akan kirimkan japri, terima kasih.

    2. Saya puny saran- saran konkret buat Bapak Erick, bisa minta alamat emailnya ? Saya akan kirimkan japri, terima kasih.

    Sebenarnya, alamat email kedua Bapak ada di inbox, cuma karena harus merapikan beberapa milis, ikut terhapus. Mohon maaf.

    Galih Prasetya Utama

  4. andri

    mohon informasi pak
    apakah india dan cina mendapatkan bahan baku obat2 an (terutama generik) dari hutan Indonesia?

  5. Dari data yang saya kumpulkan Pak Andri, berikut analisisnya :

    1. Obat sintetik, 90% bahan baku Indonesia, adalah impor, termasuk amylum. India dan China adalah suplier bahan baku obat terbesar untuk Indonesia. Terutama untuk obat generik, bahan baku dari kedua negara tersebut adalah pilihan utama. Perlu diketahui, bahwa zat aktif dalam obat generik sama dengan obat bermerk, perbedaan adalah pada bahan pembantu, dan ini akan menyangkut bioavaibilitas- bioekivalensi, walaupun tidak siginifikan dalam jumlah kecil.

    2. Untuk Farmasi Bahan alam, secara potensi, Indonesia masih nomor dua, setelah Brazil. Namun secara industri, Indonesia masih kalah jauh dari Cina dan India. Mereka jauh lebih siap secara infrastruktur, baik itu pada sektor formal maupun informal.

  6. devi

    mohon informasi pak, saya tertarik dengan pertanyaan pak erick dan pak tedy, bisa kirimkan untuk saya lewat japri.. terima kasih

  7. kris

    saya juga tertarik dengan pertanyaan pak tedy, bisa kirimkan untuk saya lewat japri? terima kasih

  8. Tan Kiong Hie

    Mohon data tentang:
    a) Nama
    b) Alamat
    c) Zipcode
    d) No. Tilpon
    untuk Apotik-apotik di Indonesia.

    Terima kasih.

    Tan Kiong Hie

  9. catur heru broto

    saya ingin usaha apotek/toko obat rakyat apakah masih punya prospek yang bagus di masa depan, mohon data tentang nama, alamat,no telpon dan fax serta email pedagang besar farmasi atau pabrik obat.
    terima kasih

    catur

  10. Joko Prasetyo

    Tolong bantuannya untuk pangsa pasar minyak telon untuk nasional , mengigat pasar product tersebut sangat besar……
    Terimakasih atas bantuannya

  11. karsonos

    apa saja yang harus disiapkan untuk membuat sebuah apotik , berapa biaya dan analisa lainnya mohon penjelasan. Terima kasih

  12. Paul Grans

    Bapak yang terhormat, apakah saya bisa minta desain bangunan apotik dan layout apotik agar pembeli bisa merasa nyaman dan mudah mencari obat? Terimakasih sebelumnya.

  13. HANDY CHANDRA

    Bapak yang terhormat,bisakah tolong di email ke saya,regulasi & tata cara pembukaan apotik,mulai dari pengurusan izin sampai pada product assortmentnya ? Terima kasih Bapak atas waktu & emailnya …..saya tunggu..

  14. welly

    Pak apakah saya bisa minta tolong alamat lengkap apotik yang ada di indonesia ?terima kasih

  15. Fajar

    Saya tertarik dengan alamat lengkap apotik yang ada di indonesia. Boleh minta dikirim via email?
    Terima kasih

  16. saya tertarik dengan alamat lengkap apotik yang ada di Indonesia. boleh minta dikirim via email?

  17. saya mohon dikirim alamat PBF yang ada di indonesia via email, terima kasih

  18. dewi

    saya mohon inform tntang waktu kerja Apoteker di Apotek. Apakah memang ada waktu mininal?
    terima kasih

  19. hengky

    Sore pak,

    saya ada rencana untuk membuka apotek, bisa minta tolong saran dan langkah2 apa yang harus saya lakukan, dan berapa biaya untuk modal dan analisa lainnya mohon penjelasan. Terima kasih

  20. Hermawan

    Kalau mau data apotek seluruh indonesia saya
    punya lengkap.

  21. Angela

    Pak, saya membutuhkan data apotek di seluruh Indonesia. Mohon dikirimkan via email.

    Terimakasih

  22. ronald

    Pak Galih, saya mohon untuk dijelaskan estimasi pembuatan apotek skala menengah (tidak terlalu besar) dan juga data2 mengenai apotek yang sudah ada di daerah purwakarta dan bandung.

    Mohon informasi dapat disampaikan ke alamat email saya di :

    ict.ronaldbudiman@toyota.co.id

    Terima kasih sebelumnya.

  23. Baik, akan saya kirimkan via email ke Bapak. Semoga bermanfaat

  24. Temmy

    Saya berniat pindah ke daerah Lasem, Rembang mengikuti suami dan mau membuka Apotik. Bagaimana prospeknya dan apa syarat-syaratnya?
    Tetapi bidang pendidikan saya tidak ada hubungannya dengan Farmasi, bagaimana?

  25. Temmy

    Saya akan pindah ke Lasem, Rembang, Jawa Tengah mengikuti suami. Saya berminat untuk membuka apotik, tetapi bidang pendidikan saya bukan farmasi. Bagaimana syarat-syaratnya dan prospeknya?

  26. Pritya

    Pak Galih, boleh minta juga data apotek2 di tiap2 daerah di Indonesia serta saran-saran Bapak mengenai usaha apotek?
    Mohon die-mail via japri ke email di atas. Terima kasih banyak.

  27. Pantas

    Pak Galih, saya tertarik bisnis apotek, bagaimana langkah untuk mengelolanya dari sejak awal hingga dapat berjalan, terima kasih,

  28. Pak , saya mohon untuk dijelaskan estimasi pembuatan apotek skala menengah (tidak terlalu besar) dan juga data2 mengenai apotek yang sudah ada di daerah balikpapan.

    Terima kasih sebelumnya.

  29. isa ansor

    boleh gak saya tahu tentang studi kelayakan apotek?
    standart kualitas untuk obat tradisional,fitofarmaka?

  30. Dharma

    pak,contoh studi kelayakan itu seperti apa y?mohon dikirimkan via email saya…….. terima kasih sebelumnya….

  31. Samuel

    Pak, saya awam masalah apotek, tetapi saya ingin memulai bisnis apotek di Prop. Lampung, mohon info selengkapnya (kalau bisa step by step) dan juga perkiraan biaya, perijinan, stok, man power, dll.
    Terima kasih

  32. pandjang

    blog keren!!! awalnya lg cari2 data ttg meniran buat TA-ku.. eh ga nyangka ketemu blog kamu. .. MANTEP TENAN…

    luwih apik meneh yen pengetahuan ttg peluang2 bisnis farmasi yg km punya bisa dtranfer ke teman2/junior2 di Farmasi ITB ini, plus materi2 motivasi entrepreunership scr rutin kayak mentoring gitu… biar pada melek potensi bisnis di farmasi…

    smakin banyak yg tau….
    smakin banyak yg tersadarkan….
    smakin banyak pula yg bergerak….
    smakin cepat indonesia bangkit….
    ciao!!! GAMBATTE!!!

    nb: galih, aku njaluk data2 apotik2 di indonesianya juga, tulung dikrim nang imelku pandji107@gmail.com
    btw, datanya bener2 valid kan?

  33. Berry

    saya butuh informasi nama+alamat+no.tlp apotek di karawang, rengasdengklok dan cikampek serta PBF di pulau Jawa.
    bagi siapa aja yang bisa bantu tolong data2nya dikirim via e-mail ke bade_ka_ramayana@yahoo.com.
    trima ksh bnyk…

  34. Anggi

    Pak Galih, saya tertarik bisnis apotek, bagaimana langkah untuk mengelolanya dari sejak awal hingga dapat berjalan, alamat PBF yang ada di indonesia, regulasi & tata cara pembukaan apotik,mulai dari pengurusan izin sampai pada product assortmentnya terima kasih, mohon dikirim via email, terimakasih

  35. weny.w

    Bapak yang terhormat , jika bapk tidak keberatan saya ingin informasinya dari bpk bagaimana cara mengelola apotek yang sudah lama tidak baik dari segi sales nya, dan bagaimana langkah untuk mengelolanya awal lagi hingga dapat berjalan, terimakasih banyak. GOD BLESS u…mohon dikirim via email

  36. Dear Pak Galih, bila berkenan saya juga mohon dikirimkan daftar apotik lengkap diseluruh indonesia tentunya dengan alamat lengkapnya. Sebelumnya saya haturkan terima kasih. hsigit@gmail.com

  37. Nia

    Saya tertarik untuk membuka usaha apotik tahun 2008 ini, mohon informasi selengkapnya terkait mengelolanya dari sejak awal hingga dapat berjalan, alamat PBF yang ada di Yogyakarta, regulasi & tata cara pembukaan apotik,mulai dari pengurusan izin sampai pada ketersediaan product standar. Serta bagaimana manajemen pengembangannya terima kasih, mohon dikirim via email, terimakasih

  38. caesar

    Saya saat ini sedang membangun perusahaan untuk distribusi obat saya membutuhkan data2 seluruh apotik dengan no.telp seluruh indonesia. mohon bantuannya dan terima kasih.

  39. Dheny - Malang

    Pak Galih, saya berlokasi di malang mohon dijelaskan syarat dan ketentuan dalam mendirikan sebuah usaha pembuatan apotek skala kecil-menengah berlokasi di pedesaan mulai dari pengurusan izin sampai pada ketersediaan produk standar. sedangkan studi saya di bidang TI tidak bersangkutan dengan farmasi. Serta bagaimana sistem perekrutan pegawai dan pengembangan usaha apotek. terima kasih. mohon dikirim via email.

  40. tari

    Assalamualaikum wrwb,pak mohon dikirim via email data lokasi apotek di indonesia dan estimasi pendirian apotek kecil/menengah di daerah pedesaan.saya apoteker yg mengelola apotek PSA tapi lokasinya di kota di Jawa Timur, saya ingin mendirikan apotek di pedesaan.Apakah ada perbedaannya?kadang untuk mencari PBF yang mau ke pedesaan agak sulit, bagaimana cara mensiasatinya?blog nya bagus bangett pak, link nya juga.syukran wa jazakumullah khairan katsir.wassalamualaikum wrwb

  41. wahyu

    mohon saran lay out yang baik untuk apotek ukuran 3×9 m2 . Trims

  42. bagus b

    mas galih, saya ingin sekali buka apotek..tetapi saya kurang mengerti kiat2 dan mencari tempat untuk buka usaha..sampai saat ini pun saya masih mencari tempat yang strategis utk buka apotek..tolong dong mas email ke Heavenmuse2@yahoo.com..thanks ( berikut letak apotek2 yang sudah berdiri di semarang yahhh…)

  43. sugiyarti

    lam kenal pak galih, saya juga punya niat buka apotek, tp yg skala menengah ajja. plz minta info persyaratannya, dan info PBF yg ada didaerah solo dan Semarang, dan untuk buka apotek apa perlu apoteker yah. Dan kira2 biaya abis berapa yah….makacih

  44. sugiyarti

    SAya juga mau dikirim yg punya mbak tari…..estimasi buka apotik kecil/menengah.
    soalnya saya mau buka apotek dipedesaan……aku tunggu e-mailnya yah

  45. Jerry

    Mas, mo tanya dunk..paman saya ada apotik di daerah bogor tapi skr omzetnya menurun malah mo ditutup..hikz
    mohon bantuannya mas, gimana sih caranya untuk “upgrade” apotik itu?soalnya nantinya saya yg bakal nerusin..makasih mas
    email:jerry_qwer@yahoo.com

  46. @ Pak Jerry, baik, saya hanya bisa kasih saran saja, implementasi terserah Anda ya…
    @ Ibu Sugiyarti, baik, akan saya kirimkan datanya.

    Sukses semuanya ya…

  47. danang kp

    Salam kenal mas Galih,saya tertarik dengan blog ini,begini mas,kenalkan saya Danang,domisili di jakarta barat,ingin mengajukan beberapa pertanyaan;
    1.Saya akan membuka apotik,ini usaha pertama saya,bagaimana saya harus memulainya,mencari lokasi yg strategis,pangsa pasar,macam-macam pelayanan apa aja(antar-jemput obat ato dll-nya,Saya berniat buka didaerah jakarta barat.
    2.Bisa kirim dikirim via email data lokasi apotek di indonesia dan estimasi pendirian apotek kecil/menengah di daerah jakarta.
    3.Itu aja Pak/Mas Galih,terimakasih sebelumnya.

  48. saya apoteker baru yang berangan2 mempunyai apotek sendiri dengan format yang beda. apa yang harus saya persiapkan. kira2 apa saya bisa mengetahui contoh layout yang baik?
    terima kasih

  49. Pak galih yth,

    Saya setuju dengan konsep bpk diatas, yaitu apotek harus menjadi tempat yang nyaman, leluasa, serta ramah dengan pasien atau konsumen….etc. Saya sudah mencoba menerapkan itu semua, tapi kelihatannya lebih mudah diatas kertas karena kenyataannya untuk menciptakan itu semua dibutuhkan capital yg besar, terutama di kota besar spt Jakarta dlsb. Kalau modal nanggung apalagi kecil jangan berharap survive, yg ada hanya gali lubang tutup lubang.

    Saya sendiri pernah berdiskusi dgn salah satu provider franchise apotek, mereka juga bilang hitungan mereka 3 sd 5 thn rugi dulu, jadi kalau mau survive hrs punya modal agak besar dan baru bisa balik apalagi untung pd long term.

    Demand thd obat kalau dilihat grafik memang akan naik terus, tapi yg perlu diwaspadai adalah persaingan yg tidak sehat terjadi di pasar farmasi. Insentif dr pemerintah sangat kurang, lihat saja banyak sekali disekeliling kita toko obat yg menjual obat resep dan dokter dispensing yg sudah well accepted oleh masy.yg tidak mau pusing. Selama itu belum dibenahi, saya pikir apotek hanya merupakan bisnis basah bagi pemain2 besar, dan pelan2 apotek rumahan akan tergusur.

    Menghadapi situasi ini, jalan terbaik adalah, apoteker hrs mjd pengusaha yg 24 jam stand bye mengurusi apoteknya, sdh tidak bisa lagi hanya berperan sbg apoteker yg hanya mengurusi aspek obatnya saja.

  50. @ Neta’s Mom : benar sekali Ibu, sebenarnya saya memang berharap sekali perpaduan antara ketangguhan pengusaha dengan kompetensi seorang farmasis, bagaimanapun juga, tacid knowledge seorang entrepreneur sangat diperlukan untuk mengelola apotek, karena sesungguhnya, dalam kacamata saya, apotek tetaplah sebuah bisnis dalam karakter ritel.

    Latar belakang saya juga pengusaha, namun bukan di bidang perdagangan, atau jasa, melainkan produksi dan distribusi fitofarmaka, ini hanya sekilas pandang, masih banyak variabel yang harus ditemui langsung di lapangan.

    Terima kasih

  51. Amarullah, Apt

    Hebat ms Galih punya blog tentang bisnis farmasi saya salut sama anda…. Menurut Ms bagaimana profesi Apoteker bisa menjadi profesi yang membanggakan dinegeri kita…kita tau bersama bahwa seorang apoteker harus mempunyai kompetensi selayaknya dokter,tetapi pada prakteknya ko banyak yang tdak menjalankan tugas sebagai mestinya..misal apoteker tidak ada ditempat pada jam buka apotek?apakah stndar gajinya kecil? atau regulasi pemerintah yang masih memberlakukan toko obat yang bisa menjual obat keras??Mungkin Apoteker juga harus aktif mengadakan seminar,symposium atau temu ilmiah dikalangan Farmasis…..Thank….Smga Apoteker dimasa Depan Menjadi Profesi Yang Membanggakan baik bagi dirinya maupun Masyarakat Luas……Salam Kenal

  52. Bapak Amarullah, terima kasih. Setebenarnya, blog ini tidak terfokus ke apoteker sebagai profesi, melainkan farmasi sebagai ilmu yang sangat berhubungan dengan industri ( bisnis), dimana si farmasis bisa memanfaatkan ilmunya untuk menjadi pemain, karena memang kategori bisnis farmasi sangat luas dan peluang untuk menjadi pemain pilar di bidang ini sangat terbuka lebar. Dengan syarat, mampu memanfaatkan peluang dan bekerja solid dengan disiplin lain.

    Sebaiknya personal yang belajar farmasi tahu, bahwa ilmu itu sangat powerfull, deadly, profitable, dan significant untuk membangun peradaban yang lebih baik, ;-) begitu Bapak.

    Saya serahkan kepada masing- masing personal untuk mengambil peluang ini, karena ilmu farmasi, sangat dominan, dan itu, tergantung pada aspek “nyali” si pemegang ilmu, apakah siap jadi yang dominan, atau tidak.

    Terima kasih.

  53. Tigor M. Simanjuntak

    Saya salut dengan Headline anda diatas.

    Saya sekarang lagi mencoba untuk mendirikan usaha apotek dengan rekan-rekan. Saya Kebagian tugas untuk membuat rencana penggunaan dana memulai usaha, tolong pak
    Galih bantu, juga daftar obat yang paling laku di pasaran.

    Terima Kasih.

  54. AGUS ROHMAT SASTRALENGKARA

    Saya baru mengunjungi Blog Ini..

    dan komentar saya..terima kasih, Informasinya sangat membantu…
    ke depannya, Insyaalah, kita bakal banyak diskusi…

    salam kenal

    AGUS ROHMAT SASTRALENGKARA

  55. ami

    bapak….saya tertarik ingin memulai usaha apotik ini,tetapi saya masih belum mengerti hal2 apa yang harus diketahui mengenai bisnis ini,mulai dari sistem sampai laba yang diperoleh.apakah apotik tergantung dari banyaknya pelanggan yang merupakan seorang pasien atau bagaimana?mohon bantuannya ya pak…
    terima kasih…

  56. ivana

    Pak, saya mau tanya minimal berapa yang harus dibayarkan untuk gaji apoteker bila bekerja secara full time?

  57. dyne

    Asw. Sedang mencari info tentang first step membangun apotek ternyata bertemu senior :)
    1. Boleh minta data apotek di daerah jawa barat?
    2. Minta saran untuk membangun sebuah apotek dari awal hingga beroperasi.
    Jazakumullah khairan katsira.

  58. lasiran

    bpk yth.
    saya pingin buka , apotik, belum tahu caranya. bisa di krim ke email saya, cara buka, ijin, kebutuhan karwyawan, dan estimasi biayanya. tks

  59. hallo pak galih minta tolong kirimkan contoh usaha apotik ke email saya ya pak…

  60. hallo pak galih minta tolong kirimkan contoh proposal usaha apotik ke email saya ya pak…saya juga sama Sedang mencari info tentang first step membangunusaha apotek dari awal hingga berdiri dan boleh juga
    – minta data apotek di daerah jawa barat?
    – Minta saran untuk membangun sebuah apotek dari awal hingga beroperasi.
    -haturnuhun pisan pak galih

  61. suhe

    Assalamualaikum…
    Betul Pak… Sudah saatnya sekarang perlu menerapkan strategi samudra biru untuk bisnis apotek. Bikin ‘persaingan’ menjadi tidak relevan lagi.. Sepertinya perlu menggarap niche yang memiliki karakter tertentu.
    Ide-ide Bpk visible utk dicoba.. Trm kasih

  62. Baik, mohon maaf saya mungkin kurang responsif untuk dapat membalas semua permintaan dikarenakan kesibukan di dunia nyata ;-). Saya akan kirimkan semua inquiry segera.

    Semoga sukses….

  63. Untuk memperoleh gambaran ttg bisnis apotek, Saya anjurkan untuk membaca buku manajemen apotek praktis. Buku ini ditulis oleh seorang manajer PT Kimia Farma Apotek, Drs M. Umar apt, MM.

  64. tisha

    Asslm, Saya tertarik untuk membuka usaha apotik tahun 2008 ini, mohon informasi selengkapnya terkait mengelolanya dari sejak awal hingga dapat berjalan, alamat PBF yang ada di Malang, regulasi & tata cara pembukaan apotik,mulai dari pengurusan izin sampai pada ketersediaan product standar, produk yang laris d pasaran dan lay out apotek. Serta bagaimana manajemen pengembangannya terima kasih, mohon dikirim via email, terimakasih

  65. kholis

    saya tingggal di daerah di jateng,tepatnya di jepara.saya berminat mendirikan apotek yang menengah,mohon saran-saranya.berapa modal awal yang harus saya sediakan serta tips -tips bagi pemula yg akan menggeluti usaha ini.terimakasih.

  66. Hadi

    Saya ada keinginan utk mendirikan apotek di kota Surabaya, mohon bantuannya bung galih utk data2 lengkap pedagang besar farmasi / pabrik obat, perincian biaya dan analisa utk pendirian apotek kelas menengah dan tata cara perizinan dan regulasi pendirian apotik dari awal krn saya benar2 awam dalam hal ini. Sy dengar ada aturan yang mewajibkan ukuran ruang tunggu, peracikan obat dll, apa betul hal ini ? Mohon saran2nya juga utk desain dan layout bangunan yang baik. Utk bantuan nya saya ucapkan banyak terima kasih.

  67. Adjie

    Pak apa saya bisa dapet perekembangan jumlah Apotek yang terbaru s/d tahun 2008 ,beserta nilai penjualannya Tks .Adie

  68. Ineke

    Pak, saya minta referensinya mengenai bisnis apotek di Indonesia untuk bahan skripsi saya. seperti data pertumbuhan apotek di Indonesia, bagaimana pengendalian internal yang baik pada apotek, dan referensi lain yang dapat membantu saya. sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas bantuannya. Tolong di emailkan yang pak di inneke_novilia@yahoo.com.

  69. vira

    Maaf pak,saya mau dong di kirimkan beberapa desain apotek yang bagus dan mengikuti standar .saya mau buka apotek di sebuah ruko tapi saya sedang bingung bagaimana desain yang menarik dan nyaman.rencananya jg ada bbrp ruang praktek dokter

  70. NANK8008

    Dear Pak Galih, mhn info untuk analisis keuangan pendirian apotek baru, desain ruang serta strategi sebagai pemain baru didaerah. Terima Kasih. nanang_budiyanto@yahoo.com

  71. Dhiel

    Pak Galih, mau tanya dong dimana bisa cari jumlah apotik di tiap propinsi, kalau ada mohon bisa dikirim via japri pak.. terima kasih

  72. Dhiel

    Pak Galih, mau tanya dong dimana bisa cari jumlah apotik di tiap propinsi, kalau ada mohon bisa dikirim via japri pak.. terima kasih. lee_duf2001@yahoo.com

  73. Apotek 08

    Pak, artikel nya bagus dan menarik. Saya baca ada beberapa teman yg tertarik untuk bisnis apotek. Saya numpang iklan ya pak. Terima kasih banyak sebelumnya.

    “Dikontrakkan sebuah apotek yg sudah lama berdiri. Lokasi sangat strategis, di pinggir jalan besar di wil. tebet, Jakarta Selatan dengan area parkir yg cukup luas. Modal yg dibutuhkan sekitar 400 jt. Dapat dikembangkan menjadi praktek bersama. Khusus untuk peminat serius kirim email ke apotek08@yahoo.com

  74. Soegiono

    pak galih saya apoteker, saya mau tanya jumlah apotek di surabaya beserta alamatnya pak kalau bapak ada, tolong diemailkan ke soegiono8998@yahoo.co.id terima kasih pak

  75. erwin manurung

    informasinya bermanfaat sekali. boleh saya dikirim alamat dan nama apotik di indonesia. sertaq pbf. karena saya akan membuka jaringan distribusi farmasi ke sseluruh indonesia. terimakasih ya pak. saya dokter di RS Hermina jakarta. salam kenal

  76. eeng Darmi

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Bang, melihat kualitas pelayanan dan harga obat di kota ku, saya melihatnya sebagau peluang usaha. Untuk itu saya minta :
    – diberikan advis tentang bagaimana & apa saja
    yang harus saya persiapkan untuk membuka
    apotik.
    – Bagaimana cara untuk menganalisis pasar
    apakah masih layak dibuka apotik atau tidak.
    – Saya mau apotik itu nantinya murah dan
    pelayanannya maksimal, tolong masukannya.
    – Saya juga butuh nama & alamat apotik yang
    ada di aceh (Kalau tidak ada u kota Banda
    Aceh, Tapak Tuan & Lhokseumawe saja}
    Terima kasih

  77. melda

    Pak Galih, saya tertarik dengan artikel yg anda tls di atas. Saya mw membuka apotek, tp ga tw apa yg hrs saya lakukan….
    Bisa dikirim ke email saya apa saja yg harus diperhatikan untuk pembukaan apotek pertama kali, kira-kira apa langkah awalnya, mesti ngapain aja?
    Ada ga trick-trick khusus dlm menjalankan apotek. Modal yg dibutuhkan kira-kira berapa?
    Makasih sebelumnya ya pak…. ^^

  78. willy aswantoso widya, S.P.

    Salam kenal Pak Galih
    Saya mempunyai rencana membuka apotek & tertarik dgn informasi yg bapak punya.
    Kalau bisa tolong kirimkan email ke saya perincian biaya, analisanya serta hal2 yg harus dipersiapkan dlm memulai usaha tersebut.
    email saya:willywidya@yahoo.co.id

    Terima kasih sebelumnya

  79. Meta

    Salam kenal Pak Galih
    Kami mempunyai rencana membuka apotek untuk mensupport prakter dokter yang sudah ada.
    Bila bapak tidak keberatan, kami membutuhkan informasi mengenai data2 lengkap pedagang besar farmasi / pabrik obat, perincian biaya dan analisa utk pendirian apotek kelas menengah dan tata cara perizinan dan regulasi pendirian apotek
    email saya: my8ta@yahoo.com

    Terima kasih untuk bantuannya

  80. Agustino

    Salam pak Galih
    saya tertarik dengan ulasan bapak diwebsite ini
    bila bapak berkenan kami membutuhkan data mengenai apotek dan PBF di wilayah semarang
    email saya di van_tinotransit@yahoo.co.id

    terimakasih sebelumnya

  81. ratna pescara

    saya minta tlng gmn caranya membuka apotek,semua persyaratan yg lengkap,thanks

  82. marcoes

    Mas Galih.. Mohon bantu saya ya…

    Saya ada plan buat apotik tapi untuk pasar obat dispensing (pelayanan langsung ke paramedis dokter, bidan dsb). Mohon info a..cara buat apotik dan Kisaran biaya awal buka…

    Maturnuwon mas …Tak tunggu yo..

  83. marcoes

    Salam kenal mas Galih…..

    Ada yag ketinggalan .. Mohon di kirim ke alamt ini ya..Alamt email saya : marcus_kplpg@yahoo.com

  84. aji dwi p

    saya sangat senang ada informasi yang Bpk berikan
    saya mau tanya. dasar hukum apotek daerah itu apa saja ya? bedanya apotek daerah sama apotek swasta itu apa ya? sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih

  85. ingefebriani

    Hi pak Galih….

    Saya ada rencana ingin membuka apotik.
    Tapi saya masih bingung mau pakai merk sendiri atau merk yang sudah top seperti kimia farma atau k24…Kalao buka sendiri biaya lebih kecil tapi orang belum tau, kalo beli franchise k24 atau kimia farma biaya besar tapi orang sudah tau…
    Mnrt pak galih mana yang lebih baik..
    Mohon bimbingannya pak..
    Saya juga mau minta tahapan2 untuk membuka apotik (mulai dari perijinan sampai selesai)
    Sebelumnya makasih banyak yah pak..
    Saya tunggu jawaban kalo bapak sedang sempat.

  86. Assalamualiikum

    Salam kenal untuk mas galih dan semua commentator.

    Saya tertarik untuk buka apotik di jakarta, namun belum tau bagaimana caranya mengenai:
    1. perizinan usaha apa saja, dan bagaimana cara mengurusnya?
    2. tenaga kerja, apakah harus semua berasala dari tamatan farmasi dan berapa upah standarnya berikut pengalaman sekian tahun maupun yang fresh graduated?
    3. Estimasi biaya alias modal?
    4. Daftar obat yang laris?
    5. Daftar apotik diseluruh jakarta
    6. Strategi penjualan?
    7. Letak yang strategis untuk usaha apotik seperti apa dan dimana?

    Terima sebelumnya atas jawaban the best dari mas galih, btw tolong jawabannya di email ya!!!
    santri_tasik@yahoo.co.id

  87. Nono Soekamdo

    Assalamu’alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh,

    Mas Galih yth,

    Saya juga akan mengajukan permintaan seperti yang lainnya. Saya ingin buka apotik di daerah sekitar Tebet, Jakarta Selatan. Mohon dapat diemail ke saya daftar apotik di sekitar daerah tersebut, beserta persyaratan untuk memulai bisnis apotik ini.

    Terima kasih.

    Wassalam,
    -.nono.-
    pariatmono@yahoo.com

  88. Mario

    salam sejahtera,

    Yth. mas Galih

    Setelah membaca artikel yang mas tulis saya juga semakin tertarik dalam bisnis farmasi, terutama untuk pendirian apotek. Saya beserta teman-teman apoteker ingin untuk mendirikan apotik bersama, namun kami masih agak bingung menentukan lokasi pendirian, bisa minta tolong diberikan saran-saran serta alamat apotek, pbf, dan kalau ada juga daftar toko obat di jawa dan bali. terima kasih. saya tunggu kiriman emailnya di black85devil@yahoo.com

  89. ana

    dasar hukum apotek daerah itu apa dan yang bisa membuat apotek daerah itu siapa saja? tolong saya dibantu dalam pertanyaan saya ini. terima kasih di mail: gudangnyaana@yahoo.com

  90. Boedi Satriyo

    Mas Galih,

    Terima kasih atas informasi ttg farmasi di blog anda ini. Kebetulan saya ingin mendirikan apotik di daerah saya di Jatim. Bisa minta informasi bagaimana cara buka apotik dan data apotik yang ada di kota saya (Ponorogo). Terima kasih atas bantuannya.
    Mohon kirim ke email saya : diy_may@yahoo.com

  91. melia

    pak galih yang baik,
    saya baru bergabung dan tertarik sekali dengan blok anda yang sangat membantu orang yang mau buka bisnis apotik.Saya memiliki klinik di 17 tempat di jabodetabek, dan saat ini ingin membuka bisnis apotek yang dapat dibuat standar, sehingga dengan sebuah business plan dapat diterapkan di semua lokasi klinik.
    Apakah bapak dapat memberi contoh proposal bisnis apotik, dan bagaimana membuat analisa kelayakan apotik (faktor2 apa yang harus dihitung dan dipertimbangkan)
    Saya juga perlu daftar apotik beserta alamatnya di jabodetabek kalo ada atau minimal jakarta. juga syarat perijinan dll kebutuhan untuk membuka apotek termasuk memilih lokasi. mohon kirim ke liafaisal@yahoo.com
    Thanks

  92. Anne

    Mohon bantuannya, bulan depan saya akan membuka apotek yang bekerjasama dengan dokter setempat. apa saja yang harus disiapkan untuk membuat sebuah apotik , berapa biaya dan analisa lainnya mohon penjelasan. sekalian daftar PBF nya. Rencana nya apotik yang akan kami bangun di daerah BOgor.

    Terimakasih

  93. fundhy

    Yth mas Galih
    Secara umum sama dengan yang lain, mohon dikirimkan panduan teknis untuk menderikan suatu apotik. Mungkin bila ada termasuk estimasi pembiayaan dan manajemennya.
    Terima kasih banyak.

  94. Jon

    ada juga referensi strategi bisnis apotek di bisnisapotek.wordpress.com , trims

  95. Direktori Obat Digital

  96. melia

    Dear Pak Galih
    apakah saya dapat diberi petunjuk membuat proposal serta business plan mendirikan sebuah usaha apotik dengan manajemennya, apa saja faktor yang harus diperhatikan. Saya juga pernah lihat buku manajemen apotik tapi susah sekali saya dapatkan, sdh tdk keluar lagi sepertinya, jika bapak ada info tentang dimana saya bisa peroleh buku itu, karangan hartono kalo tdk salah.
    Terima kasih banyak, semoga sukses selalu

  97. melia

    o ya pak tolong kirim ke : liafaisal@yahoo.com

  98. tri suharjanto

    Saya dan istri saat ini telah membuka praktek dokter bersama,saat ini akan saya lengkapi dengan apotek, bagaima cara memulainya dan perhitungan serta peluangnya kira-kira perputaran duitnya seberapa, mohon dikirim ek janto_02@yahoo.com

  99. Yth Pak Gallih
    Mohon bisa dikirimkam data jumlah apotek seluruh Indonesia dan alamatnya, mohon bisa dikirimkan ke yani_igmpdg@yahoo.com
    Matursuwun

  100. Dear Mas Galih,

    Bisa minta info jumlah apotek di seluruh indonesia? mohon dikirmkan ke email saya di atas

    Terima kasih

  101. saya juga secara umum sama dengan yang lain, mohon dikirimkan panduan teknis untuk mendirikan suatu apotik, mulai dari ijin,modal,daftar obat,pbf dll. Mungkin bila ada termasuk estimasi pembiayaan dan manajemennya.
    saya mau mendirikan apotek di daerah majalaya
    email ke pini,dr dgn email dewipini@yahoo.co.id
    makasih

  102. Hadi

    Re-sent, mohon pencerahannya, ke email hadi72@yahoo.com, terima kasih

    Saya ada keinginan utk mendirikan apotek di kota Surabaya, mohon bantuannya bung galih utk data2 lengkap pedagang besar farmasi / pabrik obat, perincian biaya dan analisa utk pendirian apotek kelas menengah dan tata cara perizinan dan regulasi pendirian apotik dari awal krn saya benar2 awam dalam hal ini. Sy dengar ada aturan yang mewajibkan ukuran ruang tunggu, peracikan obat dll, apa betul hal ini ? Mohon saran2nya juga utk desain dan layout bangunan yang baik. Utk bantuan nya saya ucapkan banyak terima kasih.

  103. Untuk buka apotek mudah saja karena ada Century Franchisindo Utama yang dapat membantu dalam proses pembuatan Apotek ataupun up date apotek yang sedang colaps, yang tertarik bisa hub kita

  104. Eva

    Pak Galih,
    Salut blog nya sangat informatif, boleh saya dikirimkan informasi data apotik di Indonesia(nama apotik, alamat, nomor telp & zip code).
    Thanks a lot,

  105. Suwito Arlan

    Ya ampun saya punya apotik tutup tuh,
    modalnya besar , variasi obatnya banyak sekali bisa 20.000 merk obat.Untungnya jg kecil.Belum lagi bayar apoteker 1500.000 sebulan padahal dia cuma datang paling 3x sebulan.
    Mau cobain usaha apotik buka aja.Di depok aja banyak bener yang tutup.
    Customer sekarang banyak badingkan harga dengan toko obat wah susah deh.Saya bukannya mau melemahkan tp hal ini terjadi pada saya.Suwito

    • Ardy

      Pak Galih, saya mohon untuk dijelaskan estimasi pembuatan apotek skala menengah (tidak terlalu besar) dan juga data2 mengenai apotek yang sudah ada di daerah Indonesia.

      Mohon informasi dapat disampaikan ke alamat email saya di :

      arieardy@yahoo.co.id

      Terima kasih sebelumnya.
      Balas

  106. fonda

    Yth. Pak Galih
    Saya mau donk, minta kirim info apotik seluruh
    indonesia. email saya: fondava@gmail.com

    Regards,
    Fonda

  107. nita

    Saya juga tertarik mau buka apotik
    mohon bantuannya ,bisakah tolong di email ke saya,regulasi & tata cara pembukaan apotik,mulai dari pengurusan izin sampai pada product assortmentnya ? Terima kasih Bapak atas waktu & emailnya …..saya tunggu..
    denita_sumbayak@yahoo.com

  108. febria

    Mohon informasinya pak, mengenai :
    – Estimasi biaya/modal untuk pembuatan apotek skala menengah
    – Contoh studi kelayakan untuk apotek baru skala menengah/bagaimana membuat analisa kelayakan apotek
    – Contoh proposal serta business plan beserta managementnya
    – Strategi penjualan yang baik untuk apotek baru
    – Minta desain bangunan apotek & layout apotek agar konsumen merasa nyaman & mudah mencari obat (ada konsep swalayan farmasi untuk produk OTC)
    informasi nama + alamat + no. telp apotek yang sudah ada di cilacap dan sekitarnya beserta PBF terdekat
    Trimakasih banyak pak……:)
    GBU

  109. daniel

    Yth Pak Galih,

    Membaca comment dari rekan2 sepertinya menarik juga untuk berbisnis di bidang usaha farmasi ini, mohon di bantu prosedur, saran dan langkah2 apa saja yang harus diambil, dan berapa biaya untuk apotik skala menengah dan analisa lainnya. e-mail saya: daniel.yudi@gmail.com

  110. muji

    pak mohon data pertumbuhan pasar farmasi di indonesia sampai dengan th 2007.

  111. Zul

    Pak bagaimana caranya bisa dpt menjual Obat Ethical lebih banyak dr pada OTC, Apotik saya berada dalam kawasan perumahan. Salam

  112. iUko

    Salam Kenal, saya butuh bantuan untuk
    mendapatkan alamat Apotek secara
    keseluruhan di Indonesia? khususnya utk
    kota Semarang yg lengkap dan baru / update.

    * Nama
    * Alamat
    * Zipcode
    * Telfon

    Jika berkenan mohon mengirimkan data tsb
    ke email saya yuko.fitrian@rocketmail.com

    Terima kasih.

  113. hasanudin

    pak saya minta alamat apotik yang ada didaerah bekasi

  114. ade

    Bpk & Ibu,
    Yg mencari apoteker untuk apotek, terutama di jabodetabek, sy akan teruskan kpd teman2 apoteker yg siap bekerja di apotek.
    Mohon info via japri ke runiowen@yahoo.com

  115. Bagus K

    Saya juga tertarik mau buka apotik, mohon bantuannya dan informasinya pak, mengenai :

    -bisakah tolong di email ke saya,regulasi & tata cara pembukaan apotik,mulai dari pengurusan izin sampai pada product assortmentnya ?
    – Estimasi biaya/modal untuk pembuatan apotek skala menengah
    – Contoh studi kelayakan untuk apotek baru skala menengah/bagaimana membuat analisa kelayakan apotek
    – Contoh proposal serta business plan beserta managementnya
    – Strategi penjualan yang baik untuk apotek baru
    – Minta desain bangunan apotek & layout apotek agar konsumen merasa nyaman & mudah mencari obat (ada konsep swalayan farmasi untuk produk OTC)
    informasi nama + alamat + no. telp apotek yang sudah ada di jakarta dan sekitarnya beserta PBF terdekat

    Terima kasih Bapak atas waktu & emailnya …..saya tunggu..
    bagus.kusuma@gmail.com

    Trimakasih banyak pak……semoga dapat membantu saya:)
    Bagus K

  116. adinan

    apa bedanya toko obat dan apotik dari segi perijinannya.
    bagaimana bila mau memulai bisnis toko obat atau apotik, persyaratan apa saja yang harus dipenuhi. terima kasih sebelumnya

  117. adinan

    ass. warahmah wabarkah
    bagaimana proses perijinan untuk sebuah toko obat atau apotik.terima kasih

  118. Zulfahmi, S.Farm, Apt

    Dalam wktu dekat ini saya mau membangun apotek, saya mohon bantuan bapak untuk memberikan daftar obat etichal yang fast moving dan ethical yang slow moving, tapi yang paling penting yang ethical yang sebaiknya ada di apotek saya, supaya modal saya tidak terlalu besar.

  119. Robert

    Bapak Galihood yth,

    Saya seorang pengusaha dengan latar belakang pendidikan Bussiness. Ingin memberikan pendapat pribadi mengenai Tulisan bapak diatas.

    Saya telah menjalani busiiness Apotek di salah satu daerah ,selama lebih dari lima tahun.

    Hingga saat ini Apotek milik saya hanya bertahan hidup untuk mengembalikan/melunasi hutang Bank yang saya ambil untuk mempertahankan kelangsungan Apotek saya. Seluruh Harta, Rumah, Tanah dan Kendaraan yang saya miliki , sejak tahun lalu dengan terpaksa saya anggunkan ke Bank, agar dapat melanjutkan usaha saya satu-satunya ini.

    Teori bapak diatas amat baik, tapi tidak menyentuh akar permasalahan Usaha Apotek itu sendiri…,Perizinan, Pajak dll.

    Dari pengalaman saya dan beberapa teman yang telah menyerah, kendala terbesar selain Pasar, adalah :

    1. Intervensi Organisasi Keprofesian Pharmacy yang tidak seimbang secara business.
    Sederhana saja… Pengusaha Apotek dalam perjanjian Notarisnya harus membagi keuntungannya dengan Mitra Apoteker Pengelola Apotek ( yang tentu saja amat wajar ) Akan tetapi tidak menanggung Resiko apapun apabila Apotek mengalami kerugian..Disamping standard gaji dan fasilitas yang juga diterapkan pada perjanjian Notaris… beberapa hal utama dalam business yaitu kebebasan pembelian juga harus diberikan kepada Apoteker..Berkali2 saya mendapat mitra yang tidak bertanggung jawab , dengan kerugian yang harus saya tanggung sendiri. Kesalahan Mitra Apt pengelola dari Organisasi Profesinya tidak ada sama sekali..

    Saya pernah beberapakali mematuhi peraturan tersebut, dan runtuh. Apoteker kami dengan mudahnya pindah pekerjaan …

    Saya paham sekali bahwa Apotik bukan sekedar business tetapi memiliki beban sosial , yaitu membantu Masyarakat yang sedang menderita sakit. Apabila Overhead Apotek tinggi maka tentunya harga jual obat juga menjadi tinggi.

    Saya berharap agar Pemerintah dapat memperhatikan masalah ini, di dalam suatu Usaha tentunya menyangkut serapan tenaga kerja ….

    Bagi teman2 yang berniat untuk memulai usaha Apotik didaerah…dengan modal menengah… saya sarankan untuk meninjau kembali secara matang.

    Perlu dicatat Apotek Saya selalu membeli obat 100 % dari PBF resmi , yang berarti Profit Margin Apotek tentu terbatas.

    2. Persaingan yang tidak sehat : Beberapa Apotek…Jujur saja, tidak membeli seluruh Obatnya dari PBF resmi ( non Faktur Pajak ) sehingga dapat dengan mudah memasarkan obatnya dengan murah tetapi tetap mendapat Profit Margin tinggi.

    Demikian Pak Agar jangan sampai teman2 kita berpikir bahwa business Apotek itu saat ini masih seperti 10 tahun lalu dimana ada peraturan pembatasan Area, serta intervensi pihak ke 3 , tidak terlalu dominan.

    Tidak ada maksud apapun buat saya,selalin membagi pengalaman diatas teori yang ada.

    Terimakasih.

  120. indah

    Pak Galih yang baik hati …
    boleh gak, saya minta data jumlah apotik di indonesia beserta alamatnya?? makasi yah :)

  121. indah

    pak galih, saya boleh minta daftar n jumlah apotik yang ada di indonesia kah?
    thx yah

  122. herry supri

    Pak Galih ,saya mau buka apotik di yogyakarta,mohon bisa dikirim daftar nama & alamat PBF di yogyakarta/.s

  123. Saya sekarang lagi mulai bisnis distribusi
    produk kesehatan (dari Amerika), bagaimana
    cara/langkah apa yg harus saya lakukan untuk
    bisa memasukkan produk saya ke setiap apotik
    ataupun bekerjasama dengan owner APOTIK
    sehingga perkembangan bisnis saya cepat
    meningkat.

  124. Haryadi Saputro

    salam kenal..
    saya adalah seorang Apoteker yang baru mendapatkan gelar alias baru lulus. saya ada rencana untuk membuka apotek, bisa minta tolong saran dan langkah2 apa yang harus saya lakukan, dan berapa biaya untuk modal dan analisa lainnya mohon penjelasan.
    apakah saya bisa minta desain bangunan apotek dan layout apotek agar pembeli bisa merasa nyaman dan mudah mencari obat? Terimakasih sebelumnya.

  125. Ping-balik: Jangan Buka Apotek..! | PORTAL APOTEKER | indonesia

  126. andika pratama

    Pak Galih, tolong kirim juga ke email saya info selengkap – lengkapnya karena saya serius untuk membuka apotek. tks

  127. pawit sukamdani

    pak, nama saya pawit sukamdani. saat ini saya sedang menyusun skripsi. kalau bisa saya ingin minta tolong bapak untuk mengirimkan data pertumbuhan apotek sampai tahun 2008. mohon untuk dikirimkan data tersebut ke pawitsukamdani@yahoo.com
    terima kasih banyak

    pawit sukamdani

  128. -dian budiadi-

    Saya sudah punya ruko di lokasi perumahan yang baru dibuka…rencana bikin usaha apotek, bagaimana seluk beluk memulai usaha apotek. tks

  129. Samsul Hadi

    Pak Galih
    Mohon data peta apotek di wilayah palembang, dan desain bangunan plus layout apotek yg dapat memenuhi kriteria2 yg diuraikan dalam artikel diatas. Mohon dikirimkan juga cara pemilihan persediaan farmasi agar dapat memenuhi permintaan konsumen.
    Terimakasih banyak atas bantuannya…

  130. Mohon bantuanya pak untuk proses izin usahanya.

  131. mohon bantuannya untuk proses cepat pengurusan surat izin apoteknya?

  132. mohon bantuanya utk proses cepat pengurusan surat izin apotekernya ? dan juga mohon bantuanya untuk pembelian/ grosir terbesar didaerah Sumatera Utara. untuk konfirmasi nya mohon bantuanya ke no Hp 081265575090 atau ke alamt email sriindovision.mukanah@yahoo.co.id

  133. hilal syamlan

    Salam kenal pak. Saya berencana mendirikan apotek skala menengah di situbondo jawa timur. Tempat dan apoteker sudah ada, perijinan sedang dalam proses di dinkes. Bagaimana layout yang nyaman, obat2 yang fast moving dan slow moving yang harus ada. Standar obat2n yang harus ada. Alamat PBF untuk daerah situbondo jawa timur. Terima kasih pak. Mohon diinform ke e-mail saya pak.hilsyam@yahoo.com

  134. me

    artikel yang menarik….silahkan kunjungin forum kKefarmasian di pharcell.com

    Silahkan berdiskusi kefarmasian disana….
    Wassalam….

  135. mona

    Pak Galih
    Boleh minta data peta apotek di wilayah sumbar-riau yang terbaru, dan desain bangunan apotek & layout apotek dengan konsep modern (apotek+swalayan farmasi) beserta rincian biaya.Mengacu pada standar pelayanan optimal dituntut kehadiran apoteker selama buka pelayanan,jadi perlu 2 org,berapa gaji apoteker yang sanggup dipenuhi PSA.Apakah ini akan efisien untuk apotek kategori menengah?Boleh minta dikirim via email?
    Terima kasih

  136. mona

    Saya juga butuh informasi alamat tempat penjualan/dealer peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk apotek konsep modern tsb seperti timbangan digital,blender obat,pengemasan semi-otomatis,dll.

  137. Saya juga tertarik mau buka apotik, mohon bantuannya dan informasinya pak, mengenai :

    -bisakah tolong di email ke saya,regulasi & tata cara pembukaan apotik,mulai dari pengurusan izin sampai pada product assortmentnya ?
    – Estimasi biaya/modal untuk pembuatan apotek skala menengah
    – Contoh studi kelayakan untuk apotek baru skala menengah/bagaimana membuat analisa kelayakan apotek
    – Contoh proposal serta business plan beserta managementnya
    – Strategi penjualan yang baik untuk apotek baru
    – Minta desain bangunan apotek & layout apotek agar konsumen merasa nyaman & mudah mencari obat (ada konsep swalayan farmasi untuk produk OTC)
    informasi nama + alamat + no. telp apotek yang sudah ada di jakarta dan sekitarnya beserta PBF terdekat

    mungkin bisa diemail ke anjang_2000@yahoo.com
    Terima kasih Bapak atas waktu & emailnya …..saya tunggu..

    Amril

  138. Thabita

    Pak, pengembangan apotik kawasan kalimantan tengah bagaimana?
    Saya apoteker pengen mendirikan apotik di kab.pemekaran kalteng,tapi modal sy belum besar.
    Trimakasih
    Mohon email ke saya pak.
    th4bita@gmail.com

  139. saya mau membuka Apotik. Bagaimana prospeknya dan apa syarat-syaratnya?
    basic pendidikan saya bukan Farmasi, bagaimana? apa saja yang harus disiapkan untuk mendirikan usaha apotik, berapa biaya dan analisa lainnya mohon penjelasan. Terima kasih banyak

  140. apotik barokah kalbar

    bagimana meningkatkan penjualan ditahun pertama a

  141. cvkaryamandiri

    saya mau mengembangkan usaha dibidang farmasi
    (PBF) berapa modal yang harus saya keluarkan
    tempat usaha saya sudah ada .
    tolong saya minta alamat produsen farmasi yang
    ada.

  142. Ririn

    Pak Galih, saya tertarik memulai bisnis apotek, klo boleh saya tahu bagaimana langkah untuk mengelolanya dari sejak awal hingga dapat berjalan, nama&alamat apotik di seluruh indonesia, alamat PBF yang ada di indonesia, regulasi & tata cara pembukaan apotik,mulai dari pengurusan izin sampai pada product assortmentnya terima kasih, mohon dikirim via email ke ie_yien03@yahoo.com, terimakasih

  143. slamat pagi pak, nama saya jimmy saya ingin mengajukan satu pertanyaan. saya memiliki balai pengobatan,sistem kerja kami adalah memberikan pelayanan kesehatan plus obatnya, selama ini saya membeli obat sendiri dari apotek untuk menunjang pelayanan saya…
    saya praktek punya ijin tapi saya bukan seorang dokter, saya cuma lulusan diploma keperawatan. yang ingin saya tanyakan, apakah saya bisa mendirikan apotek sebagai penunjang pelayanan saya saat ini.. tolong sarannya y pak… trima kasih sebelumnya….

  144. laili

    salam kenal dan persahabatan, saya ada apoteker pengelola apotek di daerah malang jatim. selain melayani obat, apotek saya juga melayani penjualan jamu seduh, lokasi apotek saya berada ditengah2 pasar, sebelah kanan toko sepatu dan sebelah kiri toko pakaian. saat ini apotek saya buka 24 jam. ada beberapa kendala yg saya temui diantarnya manajemen karyawan, keuangan dan lay out dan masalah ini sama dari tahunketahun, apotek tempat saya sudah berganti apoteker sebanyak 3 kali. jika diperkenankan saya boleh langsung ke email bapak, terima kasih sebelumnya

  145. irma hutahaean

    saya irma di manado. kebetulan saya juga apoteker & tertarik mendirikan apotek k24 di manado. tolong di kasih tahu syarat2 yg terkait pendirian apkt k24.tq

  146. rani

    Yth. pak Galih
    saya seorang apoteker yang baru lulus. saya berencana untuk membuka usaha apotek di suatu daerah yg diperkirakan akan berkembang yang belum ada apotek lain, dimana dokter biasanya melakukan self dispensing. lokasinya cukup strategis dan saya punya bangunan sendiri. strategi apa yang bisa saya terapkan agar usaha yang akan saya bangun ini dapat hidup? karena dokter dapat menyerahkan sendiri obatnya, saya pesimis apakah masih diperlukan apotek?

    seperti permintaan rekan-rekan yang lain :

    -bisakah tolong di email ke saya,regulasi & tata cara pembukaan apotik,mulai dari pengurusan izin sampai pada product assortmentnya ?
    – Estimasi biaya/modal untuk pembuatan apotek skala menengah
    – Contoh studi kelayakan untuk apotek baru skala menengah/bagaimana membuat analisa kelayakan apotek
    – Contoh proposal serta business plan beserta managementnya
    – Strategi penjualan yang baik untuk apotek baru

    mungkin bisa diemail ke ra_neeko2@yahoo.com

    banyak terimakasih atas bantuan bapak
    saya sangat mengharapkan jawaban bapak

    Rani

  147. Fieny

    Assalamualaikum Kang..

    ga sengaja lagi buka2 berita tentang polemik puyer, nyambung2 ke keprofesian farmasi, eh terus akhirnya nemu blog ini..

    salut kang dengan blognya, saya jadiin daftar bacaan saya ya..

    Sukses!
    Wassalam

  148. anam

    makasih..makasih…
    jadi tambah ilmu neh..

    ::maklumsuamiapotekeryangnekatbukaapoteksendiri::

  149. anas

    Saya sedang mempelajari usaha pendirian apotik. Apakah saya bisa minta dikirimkan data-data yang terkait mengenai hal tersebut ke email saya mengenai data-data apotik di indonesia, contoh proposal, tip dan trik, dll…

    terimakasih atas bantuannya

  150. bing ung

    Bapak Galih yang terhormat, apakah saya bisa minta desain bangunan apotik dan layout apotik agar pembeli bisa tertarik dan merasa nyaman. Saya juga membutuhkan data apotek di seluruh Indonesia. Mohon dikirimkan via email. bink_bink03@yahoo.com

    Terimakasih

  151. Adi

    Pak Galih… mau tanya.. di tulisan bapak saya membaca bisnis farmasi adalah bisnis yang basah.. maksudnya apa ya Pak? Apa bisa dijelaskan lebih detil by japri ke nath_a_p@yahoo.com?
    tks before..

  152. yohanes

    Bp Galih yth
    apa persyaratan pendirian apotek di daerah jakarta ya Pak?
    bagaimana caranya agar prosesnya dapat mejadi lebih cepat?
    trims
    mohonbantuannya agar diemail ke joe_dragonid@yahoo.com
    salam

  153. Ping-balik: Indikator Kinerja Ritel Apotek « Pharmacy Business; an overview of pharmacy related and healthcare industry

  154. Bpk galih yang terhormat saya berencana untuk mendirikan apotek,kebetulan apotek yang akan didirikan untuk menunjang praktek dokter yang selama ini telah berjalan 6 tahun.
    seperti rekan-rekan yang lainnya :
    -bisakah tolong di email ke saya,regulasi & tata cara pembukaan apotik,mulai dari pengurusan izin sampai pada product assortmentnya ?
    – Estimasi biaya/modal untuk pembuatan apotek skala menengah
    – Contoh studi kelayakan untuk apotek baru skala menengah/bagaimana membuat analisa kelayakan apotek
    – Contoh proposal serta business plan beserta managementnya
    – Strategi penjualan yang baik untuk apotek baru
    – Desain dan layout apotek agar pasien nyaman
    – tolong daftar apotek dan PBF didaerah bekasi jawa barat

    Mungkin bisa diemail ke tia_pharmacist@yahoo.co.id

    Terima kasih ya pak atas waktu dan infonya,saya tunggu email dari bpk.

  155. Bapak Galih,
    Saya tertarik dengan bisnis farmasi ini. Apalagi pasangan saya bekerja di farmasi.
    Beberapa pertanyaan di sini juga membuat rasa ingin tau saya bertambah:
    1. Boleh juga saya di kirim email tentang alamat apotik2 di Indonesia. Atau Jawa saja, khusus lagi, Jawa tengah.
    2. Ternyata apotek juga mempunyai segmentasi dan posisioning tertentu. Adakah apotik yang mempunyai posisioning yang unik?
    3. Apa sajakah kekuarang apotik di indonesia, dari yang ada sekarang ini?

    Terimakasih pak.

    Mohon perkenannya untuk dijawab di inidhanan@yahoo.com

  156. imbi

    Bapak Galih minta tolong saya dikirimu email tentang alamat apotik2 di Indonesia ya. terima kasih
    imbixcharlotte@yahoo.com

  157. Lukman Adi S

    Bpk galih yang terhormat,
    Saya seorang yang awam tentang apotik, tapi berniat membuka sebuah apotek di sebuah kecamatan yang tidak begitu besar di magelang jawa tengah,

    -mohon di email ke saya,regulasi & tata cara pembukaan apotik,mulai dari pengurusan izin sampai pada product assortmentnya ?
    – Estimasi biaya/modal untuk pembuatan apotek skala menengah
    – Contoh studi kelayakan untuk apotek baru skala menengah/bagaimana membuat analisa kelayakan apotek
    – Contoh proposal serta business plan beserta managementnya
    – Strategi penjualan yang baik untuk apotek baru
    – Desain dan layout apotek agar pasien nyaman
    – mohon info juga daftar apotek di jawa tengah
    – mohon info juga Produsen obat yang bisa diajak kerja sama di jawa tengah.

    Mohon bisa diemail ke masloek@aim.com atau samosir75@yahoo.com

    Terima kasih ya pak atas waktu dan infonya,saya tunggu email dari bpk.

  158. Christina

    Bpk galih yang terhormat, saya mohon juga di email data seperti yang ditanyakan oleh saudara Lukman Adi S.

  159. fuad

    Bpk galih yang terhormat,semoga belum terlambat utk saya,mohon juga di email data seperti yang ditanyakan oleh saudara Lukman Adi S,dan informasi detil pangsa pasar didaerah jawa tengah.

  160. arnold

    Pak Galih, kebetulan saya bukan apoteker dan bukan mempunyai ilmu di bidang farmasi. Namun saya tertarik untuk berbisnis apotek. Apakah ada saran dan langkah yang harus saya lakukan agar dapat memulai. Kira-kira berapa uang yang harus saya sediakan. Saya berharap untuk membuka bisnis ini kecil2an dulu. thx.

  161. dedy

    salam,
    langsung saja, saya memiliki suatu rencana membuka apotik..kebetulan saya awam akan bisnis ini, mohon bantuan dari bapak atas beberapa pertanyaan saya ini.
    1. untuk perijinan apakah setip daerah sama
    2. saya berencana membuka ap di wilayah jawa tengah…untuk perijinan apakah yang menjadi syarat2nya..
    3. seperti yang telah mintakan oleh teman2 diatas, jika tidak keberatan saya juga bisa dikirimi alamat ap yang ada di wilayah jateng..
    4. untuk permodalan kisaran berapa yang sesuai dengan kriteria ap yang akan menyediakan obat cukup lengkap.
    jika ada pertanyaan lain semoga tidak keberatan apabila saya bertanya kembali di waktu mendatang.
    terima kasih

  162. faris

    Pak galih,semoga belum telat,boleh dong saya dibagi info mengenai apotik di Indonesia,khususnya alamat yang di sum-sel dan bangka-belitung.

    mangenai apotik, di tempat saya ada fenomena yang agak “khas”,mungkin juga sama ditempat lain(saya juga dah baca artikel mengenai jangan buka apotek) di sini apoteker punya kekuasaan absolut,pemilik modal hanya duduk manis dikasir,tidak lebih-tidak kurang,nasihat dari orang depkes agar pemilik jangan terlalu ikut campur,nanti apoteker tersinggung,dan lagi, apoteker bisa dan berhak bekerja di lebih dari satu apotik,sehingga mereka hanya bertugas mengontrol,dan kebanyakan kerja lebih pada assistennya,jadi penerapan managemen modern rada sulit diterapkan,karena apoteker pegang kendali penuh,dan pemilik cenderung menghindari persinggungan dengan apoteker, apa ini kasus khusus atau emang berlaku general.
    terima kasih akhmadfarisy@gmail.com

  163. Makarius

    Pak Galih, saya berminat menjalankan usaha apotik, bisa bantu saya untuk merincikan modal awal dan juga daftar supplier lengkap alamatnya? Dan berhubung background pendidikan saya bukan di bidang farmasi, hal-hal apa yang harus saya pelajari?

    Demikian. Atas bantuan Bapak saya ucapkan terima kasih.

    NB : Mohon kirim ke email saya sarana168@gmail.com

  164. srinia tarigan

    Pak Galih,
    Semoga masih diperbolehkan, mohon dikirimkan juga info daftar apotek di seluruh Indonesia, selain itu pembahasan untuk seperti pertanyaan pak Lukman Adi S. di comment sebelumnya karena punya rencana juga untuk membuat apotek..Saya mohon dapat di bagikan ilmunya. Terima kasih sebelumnya Pak.

  165. berly

    Hallo pak,
    apakah saya boleh minta tolong dibantu untuk data mengenai kalbe farma
    Saya lagi studi di philippins dan sedang thesis.
    Dan data di yang saya dapatkan di internet terbatas.
    Mohon informasinya

  166. fatwa

    Salam Hormat…
    Perkenalkan, sy Fatwa seorang PNS di Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.
    Saat ini, kakak sy ingin mengembangkan bisnis dengan membuka Apotek yang lokasinya berdampingan dengan Klinik Bersalin yang telah berjalan skitar 3 tahun. Ada Dokter Spesialis Kandungan dan Dokter Spesialis Anak yang praktek disini. Rencanax tahun ini, ada dokter spesialis laboratorium (radiologi) yang mau masuk. Untuk perkembangan Apotek sendiri, saat ini proses SIA (ijin) sedang dalam proses. Apoteker dan Asisten Apoteker telah “ready”. Lokasi bangunan dan perlengkapan pendukungx telah ada, sehingga saat ini kami butuh referensi harga dari PBF atau Sub PBF atau distributor yang harga obat yang ditawarkan kompetitif (saat ini sebagai kompetitor kami, telah ada apotek yg “murah”).

    Sy diminta untuk mensupport rencana tersebut.. Mohon bantuan dan arahan lebih lanjut.
    Kontak person: Fatwa (0878 6567 8090_XL)
    (0813 3730 4456_Simpati)

    My best regard from Mataram,

    Fatwadi, S.Si

  167. lingnawati

    salam kenal….
    nama saya lina,saya mau membuka bisnis apotek,bisa minta tolong di email kan ke saya alamat PBF di Bangka Belitung (PangkalPinang)
    terima kasih

  168. oki

    Assalamualiikum

    Salam kenal untuk pak galih maaf sudah telat pertanyaan saya.

    Saya tertarik untuk buka apotik bersama istri, namun belum tau bagaimana caranya memulainya:
    1. perizinan usaha apa saja, dan bagaimana cara mengurusnya?
    2. Estimasi biaya alias modal?
    3. Daftar obat yang laris?
    4. Kelengkapan apa saja yg kudu dpersiapkan
    5. Strategi penjualan?

    Terima sebelumnya atas jawaban the best dari pak galih, btw tolong jawabannya di email ya!!!

  169. rahmat

    salam hormat,….
    Pak Galih, saya berminat menjalankan usaha apotik, saya minta tolong, kiranya bapak sudi untuk merincikan modal awal, mendapatkan apoteker dan asisten apt yang baik dan juga daftar supplier lengkap alamatnya untuk wilayah Jambi, bagaimana menjalin hubungan dengan supplier ? Dan berhubung background pendidikan saya bukan di bidang farmasi, hal-hal apa yang harus saya pelajari?

    Demikian. Atas bantuan Bapak saya ucapkan terima kasih.

    NB : Mohon kirim ke email saya bandon_bonsai@yahoo.com

  170. Dewi novita

    Selamat siang,
    Saya ingin membuka bisnis apotek baru, saya minta tolong bapak dapat merincikan modal awal untuk membukanya, daftar supplier untuk kawasan Semarang dan sekitarnya dan bagaimana cara menjalin kerja samanya???? Dan mengenai perijinan dan pelaporannya untuk obat narkotik, psikotropik dan OTC kira2 harus dikirim kemana dan bagimana formatnya….
    Terimakasih sebelumnya saya ucapkan…..

  171. andre

    Bapak saya tertarik bisnis apotek, bisa kita minta tolong di beri info bagai mana cara kerjanya, brapa persen biasanya keuntungan per obat, bagaimana cara kulakan obat yang benar, dimana distributor/supplyer yang tepat sehinnga saya mendapat obat yang tepat mutu & harganya, obat/item apa saja yang prlu saya beli buat pemula seperti saya & berapa quantitynya buat toko obat di daerah pinggir kota. sekedar info saya lokasi di yogyakarta.mohon bantuannya Bapak.

  172. David

    Pak saya tertarik untuk membuka apotek dan klinik bersama , boleh bagi infonya mengenai supplier-supllier bapak yang rekomendasikan serta penyusunan modal.
    Terima kasih.

    david.marihot@ymail.com

  173. Bestman Januari

    Bagi rekan2 yang berencana ingin buka apotek coba dimatangkan dulu persiapan awalnya (banyak aspek yg harus dipersiapkan lho). Kami baru saja membuka apotek yg resmi operasional Oktober 2011 lalu namun persiapan awalnya (mulai pendirian badan usaha dan perijinannya, mencari rekanan apoteker, membuat perjanjian kerjasama dengan apoteker, asisten apoteker, ikut membantu pengurusan ijin apoteker (SIA), mengurus ijin pendirian apotek, renovasi gedung, mengisi kelengkapan alat persyaratan pendirian apotek, mencari sumber PBF, belanja stok obat, dsb) memakan waktu hampir 10 bulan juga lho persiapannya. Bisa saja sih waktunya lebih cepat dari itu apabila sebagian hal2 yg saya sebutkan diatas sudah dipersiapkan dengan matang jauh2 hari namun rasanya proses dan prosedur yang kami alami tidak akan meleset jauh bila anda jalani nantinya…… (mudah2an perkiraan saya yg salah deh,hehehe)

    Sekedar masukan saja, semakin banyak anda memperoleh referensi atau informasi (bisa langsung dari pengalaman pemilik/pengelola apotek, lewat internet, lewat buku, dsb) tentang bagaimana dan apa saja persyaratan pendirian apotek akan sangat membantu sekali persiapan anda utk terjun di bisnis ini. Jangan dilihat semua serba mudah dan gampang karena pengalaman kami berbisnis apotek itu sebenarnya bisa rumit bila segala sesuatunya tidak diperhitungkan dengan matang terutama bagi mereka (pemilik sarana apotek) yang bukan berprofesi sebagai apoteker alias orang awam saja.

    Tidak saja kendala dimasalah modal awal usaha dan modal kerja yang bisa menghabiskan sekitar 100-an juta hingga 200-an juta namun setiap stakeholder manajamen apotek itu harus benar-benar menguasai dan paham betul dengan peraturan yang ada dan memiliki konsep bisnis ini secara jelas dan baik. Saya setuju sekali dengan komentarnya bapak Robert (12 November 2008) bahwa Apoteker Pengelola Apotek (APA) sekarang ini terlalu diproteksi oleh asosiasinya/peraturan pemerintah sehingga apabila kita salah memilih partner (emang sih tidak semuanya apoteker begitu) maka bersiap-siaplah anda banting tulang sendiri sedangkan apotekernya cukup tenang-tenang saja terima bulanan tanpa mau tahu dengan kondisi keuangan apotek. Selain itu banyak sekali sekarang ini apoteker itu maunya kerja cuma 2-3 jam dan masuk kerja cukup 2-3 kali saja perminggunya malah kadang bisa tidak masuk sama sekali tapi gaji harus tetap dibayar penuh. Bila kita terlalu gampang cekcok dg apoteker lama dan ybs membatalkan kerjasama dengan anda maka hrs dipahami bhw ijin apotek yg sekarang tlh ada harus di daftarkan ulang ke dinas kesehatan alias anda harus keluarkan biaya lagi untuk dapatkan ijin apotek tersebut dengan mencantumkan nama apoteker barunya. Itulah resikonya bila kita gonta-ganti apoteker

    Lokasi apotek, kelengkapan obat, sistem pemasaran dan perhitungan harga jual yg tepat, pelayanan petugas, menjalin kerjasama dengan pihak tertentu dan yang pasti akan lebih bagus lagi apabila apotek dilengkapi dengan praktek dokter/klinik/balai pengobatan hal tersebut merupakan sebagian kecil dari strategi dan konsep pemasaran yang diperlukan oleh kita selaku pemilik sarana apotek agar apotek kita lbh cepat berkembang dan lbh tahan dari gempuran pesaing baik dengan sesama apotek, toko obat, bahkan minimarket yg juga menjual obat bebas seperti yg kita miliki di apotek.

    Demikianlah sedikit dari pengalaman kami dari merintis hingga saat ini masih mempertahankan usaha kami yg mulai menunjukkan progres yg semakin baik saat ini dan mudah-mudahan tetap bertahan dari pesaing-pesaing yang ada. Apabila anda ingin bertukar pikiran silahkan mengirim email ke: apotek(.)anugerah@yahoo.com atau mampir ke facebook kami http//www.facebook.com/Apotek Anugerah

    Terimakasih buat Pak Galih yang sudah menyediakan media ini minimal kita bisa saling berbagi dalam membangun usaha apotek yang sehat dan mampu bersaing di era globalisasi ini.

  174. salam hormat,
    pak, saya tertarik dengan bisnis apotik. di daerah tempat kerja saya sekarang boleh dikatakan ramai walaupun bukan di kota. banyak warga/masyarakat ketika memerlukan bantuan medis harus ke kota dengan jarak kurang lebih 10km. disini belum ada apotik, termasuk juga klinik. dengan alasan itu mungkin sekiranya bapak bisa sharing mengenai kiat2 dalam bisnis ini?

  175. Joe

    saya tertarik merintis usaha apotik kecil tapi mempunyai kendala untuk mencari apotekernya. tolong bantuan dan masukannya. bisa hubungi saya di Joe_bb05@hotmail.com. thanks.

  176. Hendra Cipta

    Pak Galih, mohon infokan tentang info apotik di Jakarta ya, kalau ada boleh saya minta saran atau ide tentang desain apotik yang nyaman, tips2 menjalankan apotik, promosi2 apa saja yg efektif. lewat email saya ya pak.
    Terima kasih Pak Galih, salam sukses.

  177. Fudin

    Saam,
    Bagaimana cara dalam menentukan segmentasi, target, dan positioning apotik seperti swalayan untuk produk otcnya?
    Trims,

  178. ghozi

    mas bacaannya bagus banget.. numpang sedot y

  179. Dedy

    Assalamualikum wr wb,
    Yang saya ingin tanyakan untuk usaha apotek agar tetap lebih berkembang maju, trick n tipsnya, mohon informasinya, terimakasih (dedyrahman99@yahoo.co.id)

  180. Fajar

    Dear all Management K24,
    Saya senang sekali dgn keberadaan K24 ditempat sy tinggal, dgn pelayanan 24 jam dan obat yg sangat lengkap serta harga yg cukup baik,sehingga menjadi pilihan Apotik yg menyenagkan.
    Tapi hari ini sy sangat kecewa sekali dgn pelayanan pada salah satu apotik K24, bermula ketika sy membeli ENTRAMIX VANILA sy dikasih harga Rp 89.100,-. Di Apotik K24 lain nya sy masih dapat harga dibawah Rp 40.000,- bahkan masih ada yg jual Rp 36 rban.
    Saya mohon Penjelasan dari pihak management K24 kenapa terjadi perbedaan sebesar itu / 100% lebih, padahal lokasinya masih diwilayah jakarta & tangerang. (Sy masih simpan struk tsb).
    Sy mohon maaf jika tulisan sy ini kurang berkenan bg anda, krn sy dapat penjelasan dr petugas yg jaga
    “Ini harga yg kita dapat”,tp ada solusi kemana utk claim harga tsb. Thx

  181. Suci rezasari

    Dear pak galih, boleh saya minta sarannya untuk layout apotik 3x 7 m, dan bolehkah saya minta dikirimkan list obat obatan yang harus saya sediakan di awal pembukaan apotik,,,,mohon di email ke
    suci _reza@yahoo.com, atas perhatiaannya saya ucapkan terimakasih….

  182. Rizki

    salam kenal semua. bahan sharing yang sangat bagus sekali.

    untuk sekedar tambahan sharing sebagai pendukung artikel diatas. kebetulan ayah saya mendirikan apotek tahun 2003 di daerah NTB. niat awalnya hanya untuk menstabilkan harga obat yang saat itu sangat tinggi untuk masy. NTB. akhirnya kami memutuskan untuk bekerja sama (joint operation) dengan salah satu BUMN yang bergerak di bidang farmasi selama 10 tahun dengan fee 5%.
    kami pada dasarnya tidak terlalu mengharapkan mendapat keuntungan banyak dari bisnis ini, karena misi sosial yang kami emban. namun tak disangka, sampai saat ini fee yang kami dapat (5% dari omzet) dari apotek kami, adalah penghasilan terbesar yang kami dapatkan. So this business is very potential!

    kebetulan tahun 2013 kontrak kami berakhir dengan BUMN yang bekerja sama dengan kami, dan kami memutuskan untuk mengelola sendiri. kendala yang kami dapatkan sekarang adalah, sulitnya mendapatkan merk obat yang sama atau serupa dengan PBF kami sebelumnya. mohon bantuannya untuk ilmu turunan obat (beda merk tapi jenis sama). (need info)

    atau juga mungkin ada yang memiliki daftar PBF untuk daerah NTB dan sekitarnya. Thanks before..

    rizki.imansyah@gmail.com

  183. Mohon bantuannya pak, bisa kasih info distributor obat dr PT Heroic untuk area Jatim khususnya Kota Kediri

  184. Saya baru membaca hal ΐηΐ tp sudah membuat saya tertarik

    Misal,saya ingin membuka apotik kira2 biaya Ɣªήğ dibutuhkan brp?dan untuk apoteker dan asisten apotekker syaratnya bgaimana dan jam kerja minimal atau maksimalnya?
    Trims,

  185. Ping-balik: Manajemen « Vian Alif Nur Firdaus

  186. Ronny

    Mohon info dan email dari Apotek, PBF di seluruh Indonesia.
    Nama :
    Alamat :
    email :
    website :
    Telp :
    Terima kasih

  187. frans edward

    salam sejahtera bagi kita semua…bagaimana cara mengembangkan bisnis apotik kami yg sdh berjalan 5 tahun? padahal segmentasi ka,i menengah ke bawah ya…..atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih….

  188. Wonderful blog! I found it while browsing on Yahoo News.
    Do you have any tips on how to get listed
    in Yahoo News? I’ve been trying for a while but I never seem to get there! Thank you

  189. Salam pak galih,
    Saya membutuhkan jumlah dan nama-nama apotek se-indonesia terkini, atau sampai 2012 juga gakpapa. Kalau tidak keberatan mohon untuk mengirimkannya ke email saya. terimakasih banyak atas perkenannya

  190. Yudhi Prawira

    Salam Pak Galih,
    Saya ada rencana untuk membuka apotek/toko obat rakyat, bisa minta tolong saran dan langkah2 apa yang harus saya lakukan, dan berapa biaya untuk modal dan analisa lainnya mohon penjelasan, serta apakah masih punya prospek yang bagus di masa depan, mohon data tentang nama, alamat,no telpon dan email pedagang besar farmasi atau pabrik obat. mohon email ke : yudie1001@gmail.com
    atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih

  191. Salam Sehat Pak Galih..,
    senang sekali membaca informasi yang Bapak sajikan di blog ini, membuat saya tertarik menjadi pengusaha apotik. Saya minta tolong Pak Galih dapat membagi ilmunya pada saya mengenai bagaimana langkah untuk mengelolanya dari sejak awal hingga dapat berjalan, nama & alamat apotik di kota Semarang dan Rangkasbitung,Banten, alamat PBF yang ada di indonesia, regulasi & tata cara pembukaan apotik,mulai dari pengurusan izin sampai pada product assortmentnya.
    mohon email ke wulanwahyuu@yahoo.com
    Terimakasih Pak Galih… :)

  192. jan

    Salam Sukses Pak Galih,

    mohon infonya seperti teman-teman yang lain mengenai prospek pendirian toko obat rakyat/OTC pada pasar tradisional..mengingat konsep ini agak sedikit menyimpang..

    mohon bantuannya untuk saran dan langkah2 apa yang harus saya lakukan, dan berapa biaya untuk modal (selain sewa kios) dan analisa lainnya mohon penjelasan, serta apakah masih punya prospek yang bagus di masa depan, mohon data tentang nama, alamat,no telpon dan email pedagang besar farmasi mohon email ke : jan_hp@yahoo.com

    atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih

  193. tambunan

    Pak galih yang terhormat dan kawan kawan sekalian yang ada disini, saya sudah mentok cari duit dan kebetulan saya berminat untuk mencoba membuka apotik , untuk itu teman teman bolehkah ada rekomendasi lokasi strategis untuk buka apotik di sumatera utara dengan modal menengah.
    Email : syalomrancid46@gmail.com
    Mohon saya dibantu ya kawan kawan.
    Trimakasih .

  194. kenny

    Pagi Pak Galih,
    Saya sedang mencoba untuk membuat skripsi mengenai supply chain dr peredaran obat di Indonesia dan kemungkinan kemungkinan pembiayaan untuk segmentasi ini
    Jika dilihat dari suply chain distribusi obat sampai ke end user
    sekiranya pada tier keberapa pihak finance dapat masuk kedalam jalur distribusi tersebut

    Mengingat jika sebenarnya terdapat GAP dalam jangka waktu pembayaran dari tier yang satu ke tier yang lain.
    apotek pasti mendapatkan dana langsung berdasarkan pembelian dari pasien
    sedangkan PBF merupakan sister company dari Manufacture itu sendiri yang artinya kemungkinan berkondisi cash rich
    Apakah tier sub-dis dapat dijajaki?

    Demikian disampaikan
    Mohon bantuan ilmunya

  195. Serasan.

    Saya tengah merintis usaha apotek, di Muaradua, OKU Selatan SUMSEL. .Izin apotek sudah terbit 3 bulan lalu. Yang jadi masalah hingga saat ini adalah susahnya mencari PBF. Saya ingin membeli di PBF resmi. Saya bahkan sudah datang ke Palembang (Ibu kota propinsi), dan nyasar ke sini juga dalam rangka mencari distributor obat. Jadi kalo ada PBF tolong hubungi saya. TK.Terimakasih untuk yg punya lapak ini.

    • Rizki

      Dear pak serasan, sy mau ikut share pengalaman sy sedikit pak. Sy juga baru membuka apotek 8 bulan lalu pak. Awalnya sy juga bingung untuk mencari PBF di daerah sy di NTB. Namun dgn browsing di internet sy banyak terbantu. Mungkin bapak perlu tau dulu brand obat apa saja yg akan dibeli. Mhn maaf sedikit sy sebutkan nama PBF yg nasional pak, Bina san prima (untuk produk Sanbe). Enseval putera megatrading (kalbe, interbat), dll. Search saja di google pak untuk alamat dan nomer telpon masing2nya. Atau tulis “daftar PBF di sumatera selatan). Semoga membantu pak, sukses!

  196. Selamat Pagi Pak. Saya tertarik dengan blog bapak. Boleh kah saya meminta daftar alamat email apotik yang berada di seluruh Indonesia? Karena saya ingin menawarkan program software apotek lengkap dengan stok barang, nama dokter, klien untuk member atau umum, pembelian, penjualan, pengingat untuk membayar utang atau piutang, hingga laporan keuangan dan analisis usaha seperti pembelian, penjualan, dsb per bulan. Serta kami memiliki team support untuk membantu bapak maupun ibu selaku owner Apotek dalam menjalankan Apotek tersebut yang tentu saja gratis tanpa di pungut biaya. Berikut Alamat web kami: http://www.titansystem.biz atau email saya: baskoro.titansystems@yahoo.com

  197. Selamat Pagi Pak Teguh. Saya tertarik dengan blog bapak. Boleh kah saya meminta daftar alamat email apotik yang berada di seluruh Indonesia? Karena saya ingin menawarkan program software apotek lengkap dengan stok barang, nama dokter, klien untuk member atau umum, pembelian, penjualan, pengingat untuk membayar utang atau piutang, hingga laporan keuangan dan analisis usaha seperti pembelian, penjualan, dsb per bulan. Dan tentu saja hak aksesnya. Semua dalam satu lisensi atau satu komputer saja. Murah, hemat, bisnis pun lancar terkendali. Serta kami memiliki team support untuk membantu bapak maupun ibu selaku owner Apotek dalam menjalankan Apotek tersebut yang tentu saja gratis tanpa di pungut biaya. Berikut Alamat web kami: http://www.titansystem.biz atau email saya: baskoro.titansystems@yahoo.com

  198. Riesa

    Selamat sore pak, saya baru satu bulan membuka Apotek, dan masih bingung menentukan PBF yang sesuai karena hanya sedikit referensi. dapatkah bapak menolong saya menemukan PBF yang sesuai? saya minta tolong list PBF dan contact person yang dapat di hubungi. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih. Email riesa.pajaka@gmail.com

  199. ipan intapura

    Selamat pagi pak. pak mohon dibantu bagaimana langkah-langkah membuat apotik untuk sekala sedang termasuk dengan perkiraan anggaran dana yang diperlukannya, termkhs mohon dibantu pa..
    ipanintapura@yahoo.co.id

  200. terima kasih atas artikelnya, sangat sesuai dengan informasi yang saya butuhkan

  201. Selamat pagi pak. pak mohon dibantu bagaimana langkah-langkah membuat apotik untuk sekala sedang termasuk dengan perkiraan anggaran dana yang diperlukannya, termkhs mohon dibantu pa.. alamat email saya : hutabaratdohar@yahoo.com.. mohon bantuan informasinya ya pak..terimakasih..

  202. SAYA PEMULA DAN SAYA TERTARIK BISNIS ATAU MEMBUKA APOTIK SAYA ORANG UMUM GIMANA CARANYA UNTUK MEMBUKA APOTIK TOLONG PENJELASANNYA DAN GIMANA CARANYA MENCARI SUPLAYER OBAT ..TERIMAKASIH

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 279 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: